PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 TAPEN DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

ARISETIA WIJAYANTO, NURCHOLIS (2019) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 TAPEN DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (399kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (502kB)

Abstract

Nurcholis Arisetia Wijayanto, NIM 17.2041.2021. Program Studi Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jember, Mei 2019, Pengaruh Profesionalisme Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Tapen dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening. Dosen Penguji: Dr. Rusgianto, MM. Dosen Pembimbing: Dr. Toni Herlambang, MM dan Dr. Hanafi, M.Pd. Prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai dari usaha belajar siswa yang berupa penguasaan pengetahuan dan keterampilan terhadap materi tertentu yang dinyatakan dalam bentuka angka, huruf maupun kalimat. Tinggi rendahnya prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Dalam penelitian ini faktor internalnya adalah motivasi belajar siswa, sedangkan faktor eksternalnya adalah profesionalisme guru dan fasilitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa. (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa. (4) mengetahui ada tidaknya pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa. (5) mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. (6) mengetahui ada tidaknya pengaruh tidak langsung profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa. (7) mengetahui ada tidaknya pengaruh tidak langsung fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Tapen Kabupaten Bondowoso T.A 2018-2019 dengan sampel berjumlah 52 siswa menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling dengan software WarpPLS 6.0. Hasil penelitian ini yang didasarkan pada penyebaran kuisioner terhadap 52 siswa menunjukkan bahwa: (1) Profesionalisme guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. (2) Fasilitas belajar berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap prestasi belajar siswa. (3) Profesionalisme guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. (4) Fasilitas belajar berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap motivasi belajar siswa. (5) Motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. (6) Secara tidak langsung profesionalisme guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa melalui motivasi belajar. (7) Secara tidak langsung fasilitas belajar berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar. Kata kunci: Profesioanalisme guru, fasilitas belajar, motivasi dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics > 335 Socialism and Related Systems
Divisions: Graduate School > Magister Management (S2)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 01 Dec 2020 02:25
Last Modified: 01 Dec 2020 02:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7098

Actions (login required)

View Item View Item