Analisis Proses Berpikir Siswa Cerebral Palsy dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Komunikasi Matematis di SLB ABC Balung



Khasanah, Refina Dwi (2020) Analisis Proses Berpikir Siswa Cerebral Palsy dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Komunikasi Matematis di SLB ABC Balung. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiya Jember.

[thumbnail of a. Pendahuluan.pdf] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of b. Abstrak.pdf] Text
b. Abstrak.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of c. Bab I.pdf] Text
c. Bab I.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of d. Bab II.pdf] Text
d. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of e. Bab III.pdf] Text
e. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of f. Bab IV.pdf] Text
f. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of g. Bab V.pdf] Text
g. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB) | Request a copy
[thumbnail of h. Bab VI.pdf] Text
h. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB) | Request a copy
[thumbnail of i. Daftar Rujukan.pdf] Text
i. Daftar Rujukan.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of j. Lampiran.pdf] Text
j. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of k. Artikel- Jurnal.pdf] Text
k. Artikel- Jurnal.pdf

Download (610kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa cerebral palsy dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa cerebral palsy kelas IX di SLB ABC Balung yang berjumlah 2 siswa. Indikator proses berpikir yang digunakan adalah pembentukan pendapat, pembentukan pengertian, dan pembentukan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek memenuhi indikator pertama yaitu pembentukan pendapat dan indikator kedua yaitu pembentukan pengertian.Sedangkan pada indikator ketiga yaitu pembentukan kesimpulan, siswa cerebral palsy mengalami kesulitan karena belum terbiasa dan kurang latihan. Siswa cerebral palsy kurang maksimal dalam mengekspresikan ide yang mereka miliki kedalam bentuk komunikasi, karena pada saat menyelesaikan soal siswa belum menggunakan langkah-langkah yang runtut.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Firdaus, Hana Puspita Eka
nidn0714069002
Dosen Pembimbing
Imamah, Nurul
nidn0712048506

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Refina Dwi khasanah | refinadwikhasanah65@gmail.com
Date Deposited: 15 Dec 2020 09:57
Last Modified: 15 Dec 2020 09:57
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7334

Actions (login required)

View Item View Item