Kinerja Dan Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Dengan Menggunakan Metode Bina Marga 1987 Dan 2013 (Studi Kasus: Jalan Raya Genteng-Benculuk) Kabupaten Banyuwangi



Duwi Farid, Refal (2019) Kinerja Dan Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Dengan Menggunakan Metode Bina Marga 1987 Dan 2013 (Studi Kasus: Jalan Raya Genteng-Benculuk) Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of JURNAL.pdf] Text
JURNAL.pdf

Download (817kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 1410611062.pdf] Text
1410611062.pdf

Download (462kB)

Abstract

Jalan raya Genteng – Benculuk Kabupaten Banyuwangi merupakan jalan raya kelas 1 arteri yang menghubungkan Kabupaten Jember dan Banyuwangi.di samping itu, jalan raya ini adalah jalan raya antar propinsi. dengan kondisi seperti ini, perlunya perhitungan ulang atau mengevaluasi tebal perkerasan lentur (Flexible pavement). dengan volume kendaraan yang besar, akan mempengaruhi pembebanan pada badan jalanya. dalam perhitungan tebal perkerasan, selain di perlukan data volume kendaraan (LHR) yang ada di jalan raya Genteng – Benculuk juga di perlukan data california Bearing Ratio ( CBR%) untuk di ketahui daya dukung tanahnya (DDT) penggunaan tebal perkerasan jalan tersebut merupakan perbandingan metode Bina Marga tahun 1987 dan 2013. dengan perbandingan ini, akan memberi gambaran secara teknis pada tebal perkerasanya.
Penelitian ini akan di bahas perencanaan perkerasan jalan lentur dengan menggunakan Metode Bina Marga 1987 dan 2013 dengan peramalan 20 tahun ke depan. Pedoman – pedoman penelitian ini menggunakan dua pedoman perkerasan jalan lentur Bina Marga tahun 1987 sampai dengan pedoman yang terbaru tahun terbitan 2013 dengan studi kasus ruas jalan arteri Genteng – Benculuk Kabupaten Banyuwangi. Menggunakan data serta beberapa parameter yang sama dalam desain perkeranya, guna rmemudahkan melakukan perbandingan seperti angka pertumbuhan lalu lintas (i) 5 % sebelum tahun 2038 dan 5% untuk pertumbuhan sesudah tahun 2038.

untuk perhitungan tebal perkerasan lentur Metode Bina Marga 1987 dengan LER(Lintas ekivalen rencana )= 844,20 CBR = 44,72% di dapat nilai ITP= 5,5 sebagai berikut : hasil perencanaan tebal perkerasan lentur dengan metode 1987 di dapat : lapen/ aspal macadam,HRA, asbuton , Laston = 7cm lapisan pondasi atas (batu pecah (CBR)=15cm lapisan pondasi bawah (Batu sirtu)= 10 cm dan untuk perhitungan dengan metode Bina Marga 2013, di dapat AC WC= 4 cm AC binder = 13,5 AC base 15 cm LPA = 15 cm hasil perhitungan tebal perkerasan lentur kedua metode tersebut di dapat selisih setebal 15, 5 cm (lebih tebal metode Bina Marga 2013).
Kata kunci : perkerasan lentur, Bina Marga 1987 dan 2013, Genteng – Benculuk Kabupaten Banyuwangi

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Budi Hamduwibawa, Rofi
nidn0008057802
UNSPECIFIED
Abadi, Taufan
nidn0710096603

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari | dindanovitasari1710@gmail.com
Date Deposited: 15 Dec 2020 04:38
Last Modified: 18 Feb 2025 07:23
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7365

Actions (login required)

View Item View Item