Kelengkapan Struktur Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii A Mts Negeri 5 Jember

Indriani, Meta Arisna (2018) Kelengkapan Struktur Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii A Mts Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (579kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (546kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (765kB)

Abstract

Teks deskripsi adalah teks yang bertujuan untuk mengambarkan suatu objek yang sedang diamati atau diobservasi yang dibuat oleh siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kelengkapan struktur teks deskripsi siswa kelas VII A MTs Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelengkapan struktur teks deskripsi siswa kelas VII A MTs Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di MTs Negeri 5 Jember. Data penelitian ini yaitu dokumen yang berupa data deskriptif tentang struktur teks deskripsi karya siswa kelas VII A MTs Negeri 5 Jember. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah kata-kata yang berwujud teks deskripsi yang dibuat oleh siswa kelas VII A MTs Negeri 5 Jember. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti selaku instrumen utama atau key instrument dan instrumen bantu berupa tabulasi data. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu kata-kata yang diperoleh diinterpretasikan dengan membaca data, menandai atau mengkode data, menyusun sesuai tipologi atau mengklasifikasikan data, dan membaca kepustakaan atau pengambilan kesimpulan. Pengecekan Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik ketekunan pengamat Kelengkapan struktur teks deskripsi yang dibuat oleh siswa dapat dikatakan lengkap, karena meliputi (1) struktur identifikasi, (2) struktur deskripsi bagian, (3) struktur simpulan. Dalam struktur teks deskripsi karya siswa terdapat kriteria-kriteria yang sesuai dengan teori. Struktur identifikasi memiliki kriteria yang bertujuan untuk mengambarkan atau mendeskripsikan objek secara umum, baik dari segi lokasi, sejarah lahirnya, atau pernyataan umum tentang objek sesuai dengan apa yang diamati siswa. Struktur deskripsi bagian memiliki kriteria yang bertujuan untuk mengambarkan objek secara rinci dan jelas, mendeskripsikan objek sesuai dengan tanggapan subjektif penulis, serta sesuai dengan imajinasi dan emosional pembaca. Struktur simpulan memiliki kriteria yang bertujuan untuk memberikan kesan umum siswa terhadap objek yang dideskripsikan, sebagai penutup dari teks, serta menunjukkan ciri khas objek. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah teks deskripsi yang dibuat oleh siswa kelas VII A MTs Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2017/2018, telah memenuhi kelengkapan struktur ditandai dengan adanya struktur yang sesuai dengan teori kelengkapan struktur yang ada. Kata Kunci: struktur teks deskripsi, teks deskripsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:53
Last Modified: 25 May 2021 05:29
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7419

Actions (login required)

View Item View Item