Triyana, Dwi Utami (2018) The Effect Of Using Roundtable Technique On Reading Comprehesion On Seventh Grade Students’ Of Smpn 4 Situbondo 2017/2018 Academic Year. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
artikel.pdf Download (571kB) |
|
Text
pendahuluan.pdf Download (367kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
|
Text
CHAPTER I.pdf Download (353kB) |
|
Text
CHAPTER II.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
|
Text
CHAPTER III.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
|
Text
CHAPTER IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
|
Text
CHAPTER V.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
|
Text
CHAPTER VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
Text
Appendices.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menggunakan teknik Roundtable terhadap pemahaman membaca siswa. Ini mencoba untuk menyelidiki apakah siswa yang diajar dengan menggunakan teknik Roundtable memiliki hasil yang lebih baik dalam pemahaman teks deskriptif daripada siswa yang diajar dengan metode ceramah atau tidak. Penelitian ini tergolong penelitian quasi-eksperimental. Subyek penelitian ini adalah 49 siswa kelas tujuh SMPN 4 Situbondo dimana 24 siswa VII A dan 25 siswa VII C. Kelas VII A terpilih sebagai kelompok eksperimental yang diajar dengan menggunakan teknik Roundtable sebagai perlakuan. Kelas VII C dipilih sebagai kelompok kontrol yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah. Kedua kelompok eksperimental dan kontrol diberi tes pemahaman membaca untuk mengukur pemahaman mereka. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan memberikan pre-test dan post-test fokus pada pemahaman teks deskriptif. Setelah data diuji dan ditemukan varians homogen dan distribusi data normal, hipotesis tersebut diuji menggunakan T-Test. Perhitungan statistik data menggunakan program computer SPSS. Selanjutnya kelompok eksperimen diberi perlakuan, yaitu menggunakan Teknik Roundtable dalam pembelajaran membaca pemahaman memiliki pencapaian skor rata-rata yang lebih baik daripada kelompok kontrol. Skor rata-rata kelompok eksperimen adalah 81,11 sedangkan skor rata-rata kelompok kontrol adalah 54,67. Berdasarkan hasilnya, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam premahaman membaca siswa dari siswa yang diajarkan menggunakan teknik Roundtable dan mereka yang tidak pada tingkat rata-rata nilai posttest siswa. Ini berarti bahwa penggunaan Teknik Roundtable memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswa.. Kata Kunci: Teknik Roundtable, Pemahaman membaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric 800 Literature and Rhetoric > 807 Education and Research of Literatures |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of English Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Inggris | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 05 Jan 2021 02:02 | |||||||||
Last Modified: | 05 Jan 2021 02:02 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7634 |
Actions (login required)
View Item |