Hasanah, Imroatul (2018) ANALISIS KEBERAGAMAN TINGKATAN SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DI SMP NURIS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ABSTRAK ARTIKEL.pdf Download (266kB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (401kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (227kB) |
|
Text
COVER LUAR.pdf Download (324kB) |
|
Text
jd satu.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (359kB) |
Abstract
Kata kunci : Keberagaman, tingkatan soal UASBN, taksonomi Bloom. Keberagaman merupakan domain atau ranah yang terdapat pada taksonomi Bloom. Tingkatan merupakan pengklasifikasian masing-masing soal yang terdapat dalam ranah taksonomi Bloom. Sedangkan taksonomi Bloom merupakan klasifikasi soal yang dicetuskan oleh Benyamin S. Bloom. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimanakah ranah keberagaman soal ujian akhir sekolah berstandar nasional berdasarkan taksonomi Bloom dan bagaimanakah tingkatan soal ujian akhir sekolah berstandar nasional berdasarkan taksonomi Bloom di SMP Nuris Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ranah keberagaman soal ujian akhir sekolah berstandar nasional berdasarkan taksonomi Bloom dan mendeskripsikan tingkatan soal ujian akhir sekolah berstandar nasional berdasarkan taksonomi bloom di SMP Nuris Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah keberagaman tingkatan soal USBN. Tempat penelitian di SMP Nuris Jember, pada tanggal 17 April 2018. Teknik pengumpul data adalah teknik dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama, dan instrumen bantu berupa tabel. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu kata – kata yang diperoleh diinterpretasikan dengan membaca data, menemukan data, mengidentifikasi data, mengklasifikasi data, menganalisis data, dan mensintesis data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada soal ujian akhir sekolah berstandar nasional hanya ditemukan keberagaman pada ranah kognitif saja. Kemudian pada ranah kognitif, soal yang paling banyak muncul tergolong soal dengan tingkatan C 6 (evaluasi). Pada soal tersebut terdapat 6 tingkatan yang ada pada ranah kognitif yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, evaluasi. Penelitian ini menggunakan taksonomi Boom lama, karena soal sekolah yang bersangkutan masih menggunakan KTSP. Soal ujian akhir sekolah berstandar nasional di SMP Nuris Jember tahun pelajaran 2017/2018 hanya terdapat ranah kognitif saja dan sudah memasuki tahap evaluasi (C6). Berdasarkan hasil tersebut simpulan dari penelitian ini yaitu soal USBN di SMP Nuris Jember sudah baik dan dapat membuat siswa lebih mengembangkan daya pikirnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures | ||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | ||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | ||||||
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Date Deposited: | 08 Jan 2021 01:59 | ||||||
Last Modified: | 08 Jan 2021 01:59 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7714 |
Actions (login required)
View Item |