PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL ULUM CURAH TAKIR TAHUN 2017-2018
Syahruzzaki, Muhammad (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL ULUM CURAH TAKIR TAHUN 2017-2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (527kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (166kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (327kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (254kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
Text
1. MATRIK PENELITIAN JENIS PTK.pdf Download (179kB) |
Abstract
Kata kunci: Menulis, Puisi, dan Quantum Teaching Tipe TANDUR.
Keterampilan menulis merupakan salah satu kegiatan pengembangan diri
yang mendorong anak untuk produktif menghasilkan suatu karya. Keterampilan
berbahasa dan bersastra khususnya keterampilan menulis puisi, seperti menulis
puisi dapat mengembangkan hasil pengolahan pikiran sehingga dapat menemukan
hal-hal baru untuk mengungkapkan melalui tulisan berupa teks puisi.Sedangkan
quantum teaching tipe TANDUR merupakan model pembelajaran yang dapat
digunakan untuk menumbuhkan bermacam-macam interaksi yang ada di dalam
maupun di luar momen belajar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah model
pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR dapat meningkatkan keterampilan
menulis puisi siswa kelas VII MTS Miftahul Ulum Curah Takir?, (2)
bagaimanakah model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR dapat
meningkatkan partisipasi dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII MTS
Miftahul Ulum Curah Takir?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan bagaimana model
pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR dapat meningkatkan keterampilan
menulis puisi siswa kelas VII MTS Miftahul Ulum Curah Takir, (2)
mendeskripsikan bagaimana model pembelajaran quantum teaching tipe
TANDUR dapat meningkatkan partisipasi dalam pembelajaran menulis puisi
siswa kelas VII MTS Miftahul Ulum Curah Takir.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam 1 siklus. Variabel dalam penelitian ini yaitu keterampilan menulis puisi
dengan model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR. Teknik dalam
penelitian ini berupa tes menulis puisi siswa, dan nontes berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan
menulis puisi dengan model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR.
Hasil rata-rata nilai dari pre-test yaitu 63,7, dan hasil rata-rata nilai dari post-test
siswa yaitu 86,0 atau meningkat sebesar 35,01%, dan dari keseluruhan siswa yang
mencapai ketuntasan sebesar 87,5%. Peningkatan menulis puisi ini juga diikuti
dengan perubahan perilaku atau partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran,
dari tingkah laku negatif ke tingkah laku positif.
Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa model
pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR dapat meningkatkan keterampilan
menulis puisi. Selain itu model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR
juga berdampak pada perubahan partisipasi atau perilaku siswa yang lebih aktif.
ContributionContributor NameNIDN/NIDKUNSPECIFIEDHanafi, Hanafinidn0015086701UNSPECIFIEDMilu Susetyo, Agusnidn0718088602
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Jan 2021 05:11 |
Last Modified: | 08 Jan 2021 05:11 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7739 |
Actions (login required)
View Item |