Mukarromah, Elok Fina (2018) Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (298kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (596kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (445kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah yang harus dimiliki oleh siswa. Hal ini sesuai dengan pengembangan Standar Isi KTSP yang merumuskan bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan di sekolah salah satunya bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan memecahkan masalah. Berdasarkan hasil wawancara oleh guru mata pelajaran matematika MTs Negeri 5 Jember diperoleh informasi bahwa sebagian besar siswa cenderung memliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah. Standar Isi Mata Pelajaran Matematika SMP dalam Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 juga menyatakan bahwa pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika. Jadi sudah semestinya kemampuan pemecahan masalah mendapat perhatian dan perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran khususnya pada pembelajaran matematika. Adapun salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dan sesuai untuk kemampuan pemecahan maslah matematika adalah CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending). Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa? Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 2 April hingga 21 Mei 2018 di kelas VIII B MTs Negeri 5 Jember. Peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data diantaranya adalah wawancara, dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah metode tes. Berdasarkan penelitian yang diperoleh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari nilai pretest sebesar 34,48 sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 84,67. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi peluang kelas VIII MTs Negeri 5 Jember. Kata Kunci: CORE, Connecting, Organizing, Reflecting, Extending, kemampuan pemecahan masalah, peluang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2021 01:40 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jan 2021 01:40 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7785 |
Actions (login required)
View Item |