Pratiwi, Yunia Ristanti (2018) Analisis Kreativitas Dan Kecerdasan Visual Spasial Pada Siswa Kelas Viii E Mts Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
artikel.pdf Download (208kB) |
|
Text
cover.pdf Download (391kB) |
|
Text
pendahuluan.pdf Download (256kB) |
|
Text
kajian pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
|
Text
metode penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
|
Text
paparan data dan temuan penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
Text
penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
|
Text
daftar rujukan.pdf Download (170kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (8MB) |
Abstract
Kata kunci: kreativitas, kecerdasan visual spasial. Kreativitas berhubungan dengan menciptakan ide atau gagasan yang baru, sedangkan kecerdasan visual spasial berhubungan dengan imajinasi dalam mempersepsi visual. Kreativitas mempunyai ciri yang divergen yaitu cara berpikir yang menyebar atau bermacam-macam dalam penyelesaian masalah. Berpikir dengan cara divergen termasuk ke dalam salah satu indikator kecerdasan visual spasial yaitu indikator pemecahan masalah. Oleh karena itu, kreativitas dan kecerdasan visual spasial saling berkaitan dalam penyelesaian masalah matematika. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah : bagaimanakah kreativitas dan kecerdasan visual spasial pada siswa kelas VIII E MTs Negeri 5 Jember. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah 3 subjek siswa kelas VIII E MTs Negeri 5 Jember. Tempat penelitian di MTs Negeri 5 Jember, pada tanggal 7 dan 28 Juni 2018. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan wawancara. Instrumen dalam penelitian adalah peneliti selaku instrumen utama, dan instrumen bantu berupa soal tes, pedoman wawancara, alat rekam dan validator. Data dalam penelitian ini adalah data yang berupa jawaban tes dan transkrip wawancara siswa kelas VIII E MTs Negeri 5 Jember. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa ST bahwa bisa membuat jaring-jaring tetapi tidak sesuai dengan apa yang dijawab di soal yang (b) karena metode dalam menyelesaikan soal yang berupa cara untuk menghitung luas permukaan itu sesuai dengan jawaban peneliti. SS bisa membuat jaring-jaring tetapi sesuai dengan apa yang dijawab di soal yang (b) karena metode dalam menyelesaikan soal yang berupa cara untuk menghitung luas permukaan itu. Tapi tidak sesuai dengan jawaban peneliti. SR bisa membuat jaring-jaring tetapi ada yang sesuai dengan apa yang dijawab di soal yang (b) dan ada yang tidak sesuai juga, karena metode dalam menyelesaikan soal yang berupa cara untuk menghitung luas permukaan itu. Tapi tidak sesuai dengan jawaban peneliti. Peneliti menyimpulkan bahwa subjek tinggi, sedang dan rendah tidak memenuhi indikator kreativitas yang aspek kebaruan. Tetapi mereka memliki cara pemahaman sendiri dalam menyelesaikan soal tersebut. Hal ini bahwa subjek tinggi,sedang dan rendah sudah memenuhi indikator kreativitas dan kecerdasan visual spasial sesuai pemahaman masing-masing subjek berdasarkan kemampuan matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2021 03:59 | |||||||||
Last Modified: | 15 Jan 2021 03:59 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7880 |
Actions (login required)
View Item |