EGANA, DEVI DIANA (2017) Pelayanan Kesehatan Masyarakat Melalui BPJS Kesehatan (Rumah Sakit Umum Kabupaten Kaimana). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
JURNAL.pdf Download (439kB) | Preview |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (296kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (91kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
Abstract
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kaimana merupakan rumah sakit yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana. Rumah Sakit mendapatkan ijin dari Bupati Kaimana dengan Nomor surat ijin 445/144 tahun 2012. Penelitian ini bertujuan, antara lain : Untuk mengetahui dan memahami pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kaimana terhadap pasien anggota BPJS Kesehatan. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data memakai metode wawancara atau interview dan metode purpossive sampling. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah metode kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pelaksanaan BPJS di RSUD Kaimana sudah berjalan dengan baik. Pengajuan klaim asuransi kesehatan pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) disertai dengan bukti kartu peserta BPJS dan telah memenuhi kewajiban pembayaran iuran setiap bulannya sesuai kelas yang dikehendaki anggota. Setelah beberapa persyaratan dan mekanisme pendaftaran sebagai angota BPJS tersebut dapat terpenuhi dengan baik, maka setiap anggota mempunyai hak penuh sebagai anggota BPJS, salah satunya untuk mengajukan klaim asuransi kesehatan pada kantor BPJS setempat (dalam penelitian ini dilakukan di Kantor BPJS). Peserta mengajukan klaim ke rumah sakit, kemudian pihak rumah sakit akan membawa berkas klaim tersebut ke BPJS Kesehatan lalu setelah disetujui maka pihak BPJS Kesehatan akan mencairkan dana tersebut kepada rumah sakit tersebut bukan kepada peserta, baru setelah itu pihak rumah sakit akan mencairkan atau memberikan dana klaim tersebut kepada peserta. Untuk mengajukan klaim tersebut, beberapa hal yang harus disertakan antara lain : (1) Copy Kartu Keluarga (KSK) ; (2) Copy KTP ; (3) Copy Kartu Peserta BPJS Kesehatan ; (4) Kwitansi-kwitansi dari rumah sakit ; (5) Rekam Medis dan (6). Kata Kunci : Pelayanan Kesehatan, Rumah Sakit, BPJS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Kesehatan, Rumah Sakit, BPJS | ||||||
Subjects: | 300 Social Science > 360 Social Problems and Services > 362 Social Welfare, Problems and Services | ||||||
Divisions: | Faculty of Social and Politics Science > Department of Government Science (S1) | ||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI65201#ILMUPEMERINTAHAN" not defined] | ||||||
Depositing User: | Endang Dewi Kartika | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Date Deposited: | 11 Oct 2018 03:27 | ||||||
Last Modified: | 18 Sep 2019 13:35 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/827 |
Actions (login required)
View Item |