Pengaruh Pengetahuan Guru Mengenai Emosi Anak Autis terhadap Regulasi Emosi Guru di SD Inklusi

Sari, Desy Kumala Intan Permata (2017) Pengaruh Pengetahuan Guru Mengenai Emosi Anak Autis terhadap Regulasi Emosi Guru di SD Inklusi. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
PDF.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text
PDF.pdf

Download (387kB)
[img] Text
PDF.pdf

Download (160kB)
[img] Text
PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)

Abstract

Perkembangan emosi pada anak autis sangat dipengaruhi oleh peran orang tua dan seorang guru. pengetahuan seorang guru tentang emosi anak autis juga sangat dibutuhkan. Disekolah anak autis juga mendapat pendidikan yang baik dari para guru. maka disitulah peran seorang guru disekolah juga sangat dibutuhkan seorang guru yang mendidik para siswanya. Regulasi emosi yang baik juga sangat dibutuhkan selain dapat membantu perkembangan yang ada pada anak autis regulasi emosi yang baik juga harus dimiliki oleh seorang guru.Pengetahuan guru dan Regulasi emosi guru membantu siswa lebih berkembang mengenai perkembangan emosinya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengetahuan guru mengenai emosi anak autis terhadap regulasi emosi guru Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 Guru pada sekolah SLB ABC Balung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikolog pengetahuan guru mengenai emosi anak autis dan skala Regulasi emosi dengan model Guttman dan likert yang menggunakan checklist “Benar” “Salah” Penelitian ini menunjukkan tidak ada pengaruh dilihat dari nilai Sig=0,000>0,05 H1 ditolak. menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Pengaruh pengetahuan guru mengenai emosi anak autis terhadap Regulasi Emosi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,127 artinya bahwa hubungan keduangan tidak kuat dengan kontribusi sebesar 1,6% pada variabel bebas yakni pengeahuan guru mengenai emosi anak autis terhadap variabel Y dan 95,1% lainya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil analisa pada variabel Pengetahuan guru mengenai emosi anak autis dan regulasi emosi berada pada kategori rendah artinya tidak semua guru melakukan reluasi emosi yang baik. Kata Kunci : Pengetahuan Guru Mengenai Emosi Anak Autis, Regulasi Emosi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Guru Mengenai Emosi Anak Autis, Regulasi Emosi
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
100 Philosophy > 150 Psychology > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Endang Dewi Kartika
Date Deposited: 27 Oct 2018 02:21
Last Modified: 18 Sep 2019 10:02
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/892

Actions (login required)

View Item View Item