Pengembangan Petunjuk Praktikum Uji Klorofil sebagai Bahan Ajar pada Ssiswa Kelas VII SMP/MTs Pokok Bahasan Fotosintesis

Wardila, Nur Aufi A (2021) Pengembangan Petunjuk Praktikum Uji Klorofil sebagai Bahan Ajar pada Ssiswa Kelas VII SMP/MTs Pokok Bahasan Fotosintesis. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (66kB)
[img] Text
LAMPIRAN1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Artikel.pdf

Download (688kB)

Abstract

Wardila, Nur Aufi A. (2021). Pengembangan Petunjuk Praktikum Uji Klorofil sebagai Bahan Ajar pada Ssiswa Kelas VII SMP/MTs Pokok Bahasan Fotosintesis. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing (1) Ika Priantari, S.Si., M.Pd.. (2) Novy Eurika, S.Si., M.Pd Kata kunci: Petunjuk Praktikum, Uji Klorofil, Fotosintesis Berdasarkan hasil wawancara guru IPA SMP/Mts menyatakan bahwa dalam proses praktikum guru masih menggunakan buku pegangan siswa sebagai panduan praktikum, hal ini diperkuat dengan penelitian lainnya yang menjelaskan bahwa guru masih menggunakan model direct instruction dan belum menggunakan variasi model pembelajaran lainnya dan siswa mengalami masalah dalam memahami konsep pada sub bab salah satunya materi fotosintesis. Materi fotosintesis merupakan materi yang sulit dipahami siswa, salah satunya siswa mengalami kesulitan memahami konsep mengenai klorofil yang mempengaruhi berlangsungnya fotosintesis. Pembelajaran dengan metode eksperimen merupakan pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Dengan adanya petunjuk praktikum siswa, yangmana dapat membantu dalam melakukan percobaan yang sistematis agar proses pembelajaran tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan mengembangkan petunjuk praktikum serta mengetahui kelayakan hasil pengembangan petunjuk praktikum uji klorofil dengan pokok bahasan fotosintesis bagi siswa kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan disusun mengacu pada model pengembangan IDI (Instructional Development Institute) dengan 3 tahapan yaitu penentuan (define), pengembangan (develop) dan evaluasi/penilaian (evaluate). Pengembangan produk hanya sampai pada tahap validasi untuk mengumpulkan data dengan pemberian lembar validasi kepada ahli media, ahli materi dan respon guru IPA untuk menilai kelayakan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian yang diperoleh dari penilaian menunjukkan bahwa produk hasil pengembangan bahan ajar memperoleh hasil rerata ahli media 3,27, ahli materi 4,14 dan respon guru 3,22 serta 3,45 sehingga memenuhi kriteria “Baik dan Sangat Valid” dengan demikian produk yang dikembangkan dinyatakan layak untuk diuji cobakan dengan dengan perbaikan sesuai saran dan masukan validator.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Petunjuk Praktikum Uji Klorofil sebagai Bahan Ajar pada Ssiswa Kelas VII SMP/MTs Pokok Bahasan Fotosintesis
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Wardila Nur Aufi Ayu
Date Deposited: 21 Apr 2021 01:04
Last Modified: 21 Apr 2021 01:37
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/9508

Actions (login required)

View Item View Item