Peran Waiter dan Waitress Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di El Patio Coffee Shop Melia Purosani Hotels and Resort Yogyakarta
Murdani, Natalia (2018) Peran Waiter dan Waitress Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di El Patio Coffee Shop Melia Purosani Hotels and Resort Yogyakarta. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Cover new.pdf Download (81kB) |
|
Text
COMPLETED.pdf Download (201kB) |
|
Text
BAB I REVISI.pdf Download (116kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
|
Text
BAB III NEW.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pariwisata adalah kegiatan yang dilakukan oleh sesorang atau lebih untuk melakukan
perjalanan dari satu tempat yang lain dengan tujuan untuk bersenang-senang maupun
melakukan kegiatan wisata/rekreasi. Banyak hal yang harus diperhatikan dalan kegiatan
pariwisata itu sendiri. Salah satunya adalah di bidang perhotelan. Hotel menjadi salah satu
aspek yang sangat penting dalam kegiatan pariwisata dimana hotel sangat diperlukan sebagai
salah satu alternatif menginap bagi wisatawan yang datang dan tinggal di suatu destinasi
wisata. Hotel memiliki banyak departemen-departemen yang mendukung kelancaran
operasional hotel, salah satu di antaranya adalah bagian food and beverage department yang
bertanggung jawab penuh dalam pengolahan sampai pada saat menyajikan makanan dan
minuman. El Patio merupakan main restaurant yang ada di Melia Purosani Hotels and Resort
Yogyakarta yang bergaya coffee shop. Coffee shop ini melayani tamu selama 24 jam meliputi
sarapan pagi, makan siang dan makan malam. Untuk mengetahui peran pramusaji dalam
meningkatkan pelayanan di El Patio Coffee Shop maka penulis melakukan training selama
enam bulan. Pada penelitian ini, teknik analisis yang digunakan adalah teknik uraian dan
teknik analisis SWOT. Analisa ini digunakan untuk mengetahui kelebihan, kelemahan,
peluang dan ancaman dari obyek riset. Dalam melaksanakan dan mengoptimalkan peran dan
tanggung jawab waiter dan waitress yang bertugas di setiap harinya, maka seorang
restaurant captain membagi menjadi beberapa peran yakni hostess, cashier, busboy atau
busgirl dan runner back area. Dengan pembagian tugas kepada waiter dan waitress ketika
oprasional akan membantu kelancaran oprasional.
ContributionContributor NameNIDN/NIDKUNSPECIFIEDJatmiko, Hadinidn0702117803
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 640 Household Management and Personal Life > 642 Meals Service |
Divisions: | Faculty of Social and Politics Science > Department of Tourism (D3) |
Depositing User: | Perpustakaan UM Jember | perpustakaan@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 01:39 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 01:39 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10053 |
Actions (login required)
View Item |