faulina, adilla (2021) ANALISIS PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP KONSEP MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiah Jember.
Text
01. Pendahuluan.pdf Download (514kB) |
|
Text
02. Abstrak.pdf Download (206kB) |
|
Text
03. BAB I.pdf Download (404kB) |
|
Text
04. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) | Request a copy |
|
Text
05. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text
06. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (832kB) | Request a copy |
|
Text
07. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text
08. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
12. Artikel Skripsi Adilla Faulina Fix.pdf Download (229kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN dan cv.pdf Download (222kB) |
Abstract
Pemahaman merupakan kemampuan menginterpretasikan atau mengulang kembali informasi dengan bahasa sendiri. Pemahaman merupakan salah satu tujuan yang penting dan harus dicapai dalam pembelajaran. Pada penelitian inidilakukan dengan tujuan untuk mengetahui secara ilmiah level pemahaman dari siswa sekolah dasar terhadap konsep matematika. Masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pemahaman Matmatis Siswa Sekolah dasar terhadap Konsep Matematika?. Dengan demikian terdapat satu tujuan penelitian yang disimpulkan bahwa untuk mendeskripsikan hasil analisis pemahaman matematis terhadap konsep matematika pada siswa sekolah dasar. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada 17-21 April 2021. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan deskriptif untuk menjelaskan, menggambarkan serta menganalisis pemahaman matematis siswa sekolah dasar terhadap konsep matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan meliputi tes, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian di dapatkan bahwa masih banyak sekali siswa tidak mencapai level pemahaman matematis dan kurang memahami terhadap konsep matematika, ini disebakan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Ketercapain siswa dalam mencapai level pemahaman juga berbeda-beda, yang menjadi faktor utama yaitu kemampuan siswa. Siswa yang cenderung memiliki kemampuan matematika tinggi dapat mencapai level pemahaman 1 sampai 8. Dengan demikian, menjadi penting pula kedepannya untuk adanya pembelajaran yang menekankan kepada pemahaman matematis siswa terhadap konsep matematika agar pembelajaran dapat mencapai tujuan dari pembelajaran itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Matematis, Konsep matematika | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 511 General Principles of Mathematics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Adilla Faulina | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | adillafaulina834@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2021 03:08 | |||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2021 07:26 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11377 |
Actions (login required)
View Item |