Khairah, Miftahanal (2021) GAMBARAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMKN 4 BONDOWOSO SAAT PANDEMI. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (468kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (650kB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (874kB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) | Request a copy |
|
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (683kB) |
|
Text
I. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
J. ARTIKEL.pdf Download (647kB) |
Abstract
Pembelajaran online bagi siswa ketika pandemi dapat menjadi kurang efektif karena sulit memahami tugas yang disampaikan karena tidak bertemu langsung dengan guru (Halawa, 2020) menyatakan bahwa kurangnya pengawasan guru secara langsung mengakibatkan siswa tidak sungguh-sungguh menjajaki pendidikan dan dengan pemanfaatan smarphone atau computer dalam pembelajaran membuat siswa memiliki kemungkian untuk mengakses hal lain yang tidak berhubungan dengan pembelajaran sehingga siswa lebih sering melakukan penundaan terhadap tugas pembelajarannya dan mengakibatkan siswa melakukan prokastinasi akademik(Tanaya, 2017) Prokrastinasi akademik membuat peran siswa yang seharusnya siswa usia remaja dalam proses belajar mencapainya secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku prokrastinasi akademik pada siswa SMKN 4 Bondowoso. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan variabel Prokrastinasi Akademik. Subjek penelitian ini siswa SMKN4 Bondowoso sebanyak 213 responden. Pengumpulan data menggunakan skala Prokrastinasi akademik di adaptasi dari Roza, dengan reliabilitas 0,924. Analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan SPSS v21 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Prokrastinasi akademik siswa SMKN4 Bondowoso saat pandemi teridentifikasi memiliki perilaku prokrastinasi akademik tinggi dengan prosentase (62%), siswa dengan sengaja melakukan penundaan terhadap tugas akademiknya, penundaan tersebut dalam menunda memulai mengerjakan tugas ataupun ketika sedang mengerjakan tugas tidak segera menyelesaikan hingga akhir, yang mengakibatakan konsekuensi lebih lanjut, seperti keterlambatan dalam mengumpulkan tugas ataupun kegagalan ketika melakukan tugas serta dapat menciptakan kondisi emosional yang tidak menyenangkan seperti perasaan bersalah, perasaan takut, marah dan sebagainya.Saran untuk penelian lanjutan dapat mengeksplorasi demografi lain yang dapat mempengaruhi prokrastinasi akademik
Item Type: | Thesis (Other) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prokrastinasi Akademik, Siswa SMK, Pandemi | |||||||||
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology | |||||||||
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) | |||||||||
Department: | S1 Psikologi | |||||||||
Depositing User: | Miftahanal khairah | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | miftahanal3khairah@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2021 04:52 | |||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2021 04:52 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11541 |
Actions (login required)
View Item |