Gaya Belajar Dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa-Siswi Kelas X MIPA 1 Di SMA Negeri 3 Bondowoso

Dwi Nurcahyanti, Mega (2021) Gaya Belajar Dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa-Siswi Kelas X MIPA 1 Di SMA Negeri 3 Bondowoso. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
C. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
K. ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Gaya belajar merupakan cara yang konsisten yang dilakukan oleh siswa dalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat, berpikir, dan memecahkan soal. Gaya belajar dibagi menjadi tiga yaitu gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Prestasi belajar merupakan hasil kegiatan belajar, yaitu sejauh mana peserta didik menguasai bahan pelajaran yang diajarkan, yang diikuti oleh munculnya perasaan puas bahwa ia telah melakukan sesuatu dengan baik. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana jenis- jenis gaya belajar siswa-siswi kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 3 Bondowoso pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan bagaimana prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa-siswi kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 3 Bondowoso menurut gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis-jenis gaya belajar siswa-siswi kelas X MIPA 1 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA Negeri 3 Bondowoso dan mendeskripsikan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa- siswi kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Bondowoso menurut gaya belajarnya. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa respon siswa-siswi kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 3 Bondowoso pada saat proses pembelajaran berlangsung. Sumber data penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 3 Bondowoso. Tempat dan waktu penelitian di SMA Negeri 3 Bondowoso, dan waktu penelitian dilakukan pada awal bulan April hingga selesai. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket yang dibagikan kepada siswa-siswi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Teknik pengujian kesahihan data berupa teknik perpanjang pengamatan. Hasil dari penelitian ini adalah data berupa jenis gaya belajar dan prestasi belajar yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Bondowoso. Dari data tersebut, ditemukan tiga jenis gaya belajar yaitu gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Prestasi belajar siswa-siswi kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Bondowoso yang diperoleh dari rata-rata nilai harian dan nilai tengah semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: 100 Philosophy > 101 Theory of Philosophy
100 Philosophy > 101 Theory of Philosophy > 107 Education, Research
400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Mega Dwi Nurcahyanti
Date Deposited: 23 Dec 2021 00:57
Last Modified: 23 Dec 2021 01:01
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12384

Actions (login required)

View Item View Item