Perbedaan Self Regulated Learning Siswa SMP Negeri dan SMP Swasta Dimasa Pandemi
Maulidya, Fira (2022) Perbedaan Self Regulated Learning Siswa SMP Negeri dan SMP Swasta Dimasa Pandemi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (402kB) |
|
Text
3. Bab I.pdf Download (573kB) |
|
Text
4. Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text
5. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) | Request a copy |
|
Text
6. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) | Request a copy |
|
Text
7. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) | Request a copy |
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (401kB) |
|
Text
9. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
10. Naskah Publikasi - Jurnal.pdf Download (922kB) |
Abstract
Self regulated learning (SRL) adalah cara individu dalam belajar secara efektif
sebagai pengontrol setiap proses dalam belajar yang dimulai dari menyusun
kegiatan belajar, memonitor, dan memberikan evaluasi pada diri sendiri dengan
sangat terstruktur untuk sampai pada tujuan pembelajaran dengan sistem yang
baik secara meta kognitif, motivasional maupun behavioral (Zimmerman, 2010).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan SRL siswa SMP Negeri dan
SMP Swasta dimasa pandemi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif
komparatif dengan variabel SRL. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa
SMP Negeri dan Swasta sebanyak 251 responden. Pengumpulan data
menggunakan skala likert yang diadaptasi dan dimodifikasi dari Herdiati (2014).
Analisa data menggunakan uji t (uji beda) dibantu dengan SPSS versi 21. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa SRL di SMP Negeri dan SMP Swasta selama
pandemi didapatkan nilai thitung sebesar 7,054 dengan nilai signifikan 0,000 artinya
nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak
dan H1 diterima. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa terdapat perbedaan
self regulated learning antara siswa SMP Negeri dan Swasta.
ContributionContributor NameNIDN/NIDKDosen PembimbingErvina, IinNIDN0024107501Dosen PembimbingSari, Angraeni.SNIDN0708108806
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Self Regulated Learning, SMP Negeri,SMP Swasta, Pandemi |
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) |
Depositing User: | FIRA MAULIDYA | firamaulidya16@gmail.com |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 03:31 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 03:31 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13979 |
Actions (login required)
View Item |