Perbedaan Self Regulated Learning Siswa SMP Negeri dan SMP Swasta Dimasa Pandemi



Maulidya, Fira (2022) Perbedaan Self Regulated Learning Siswa SMP Negeri dan SMP Swasta Dimasa Pandemi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. Pendahuluan.pdf] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of 3. Bab I.pdf] Text
3. Bab I.pdf

Download (573kB)
[thumbnail of 4. Bab II.pdf] Text
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. Bab III.pdf] Text
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. Bab IV.pdf] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. Bab V.pdf] Text
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 9. Lampiran.pdf] Text
9. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 10. Naskah Publikasi - Jurnal.pdf] Text
10. Naskah Publikasi - Jurnal.pdf

Download (922kB)

Abstract

Self regulated learning (SRL) adalah cara individu dalam belajar secara efektif
sebagai pengontrol setiap proses dalam belajar yang dimulai dari menyusun
kegiatan belajar, memonitor, dan memberikan evaluasi pada diri sendiri dengan
sangat terstruktur untuk sampai pada tujuan pembelajaran dengan sistem yang
baik secara meta kognitif, motivasional maupun behavioral (Zimmerman, 2010).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan SRL siswa SMP Negeri dan
SMP Swasta dimasa pandemi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif
komparatif dengan variabel SRL. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa
SMP Negeri dan Swasta sebanyak 251 responden. Pengumpulan data
menggunakan skala likert yang diadaptasi dan dimodifikasi dari Herdiati (2014).
Analisa data menggunakan uji t (uji beda) dibantu dengan SPSS versi 21. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa SRL di SMP Negeri dan SMP Swasta selama
pandemi didapatkan nilai thitung sebesar 7,054 dengan nilai signifikan 0,000 artinya
nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak
dan H1 diterima. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa terdapat perbedaan
self regulated learning antara siswa SMP Negeri dan Swasta.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Ervina, Iin
NIDN0024107501
Dosen Pembimbing
Sari, Angraeni.S
NIDN0708108806

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Self Regulated Learning, SMP Negeri,SMP Swasta, Pandemi
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: FIRA MAULIDYA | firamaulidya16@gmail.com
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:31
Last Modified: 29 Jun 2022 03:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13979

Actions (login required)

View Item View Item