Perbedaan Self Regulated Learning Siswa SMP Negeri dan SMP Swasta Dimasa Pandemi

Maulidya, Fira (2022) Perbedaan Self Regulated Learning Siswa SMP Negeri dan SMP Swasta Dimasa Pandemi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (402kB)
[img] Text
3. Bab I.pdf

Download (573kB)
[img] Text
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (401kB)
[img] Text
9. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10. Naskah Publikasi - Jurnal.pdf

Download (922kB)

Abstract

Self regulated learning (SRL) adalah cara individu dalam belajar secara efektif sebagai pengontrol setiap proses dalam belajar yang dimulai dari menyusun kegiatan belajar, memonitor, dan memberikan evaluasi pada diri sendiri dengan sangat terstruktur untuk sampai pada tujuan pembelajaran dengan sistem yang baik secara meta kognitif, motivasional maupun behavioral (Zimmerman, 2010). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan SRL siswa SMP Negeri dan SMP Swasta dimasa pandemi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif komparatif dengan variabel SRL. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa SMP Negeri dan Swasta sebanyak 251 responden. Pengumpulan data menggunakan skala likert yang diadaptasi dan dimodifikasi dari Herdiati (2014). Analisa data menggunakan uji t (uji beda) dibantu dengan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SRL di SMP Negeri dan SMP Swasta selama pandemi didapatkan nilai thitung sebesar 7,054 dengan nilai signifikan 0,000 artinya nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 maka hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa terdapat perbedaan self regulated learning antara siswa SMP Negeri dan Swasta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Self Regulated Learning, SMP Negeri,SMP Swasta, Pandemi
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Department: S1 Psikologi
Depositing User: FIRA MAULIDYA
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorErvina, IinNIDN0024107501
Thesis advisorSari, Angraeni.SNIDN0708108806
Contact Email Address: firamaulidya16@gmail.com
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:31
Last Modified: 29 Jun 2022 03:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13979

Actions (login required)

View Item View Item