Laillia Nur, Azizah (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PELUANG DENGAN PEMBERIAN BENTUK SCAFFOLDING BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (492kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (4MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (764kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (762kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (765kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (513kB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
K. ARTIKEL.pdf Download (740kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah karena rendahnya nilai matematika yang disebabkan oleh siswa salah dalam mengerjakan soal uraian. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Jenis kesalahan apa yang sering dilakukan siswa dalam mengerjakan soal uraian peluang? (2) Bagaimana cara meminimalisir kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal uraian peluang dengan menggunakan bentuk Scaffolding? Terdapat dua tujuan penelitian yang dirangkum peneliti adalah Untuk menemukan dan mengetahui kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam mengerjakan soal uraian peluag menggunakan teori Newman dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh teori Scaffolding dalam meminimalisir tingkat kesalahan siswa dalam mengerjakan soal uraian peluang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Pelaksanaan penelitian yaitu 2 Maret 2022 dan 4 Maret 2022 dikelas XII IPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data diantaranya, yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara dan soal tes. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil prosentase jenis kesalahan yang dilakukan siswa menurun setelah diberikan bentuk scaffolding. (1) kesalahan membaca 14,29% menjadi 0% (2) kesalahan memahami soal 14,29% menjadi 0% (3) kesalahan transformasi proses 46,43% menjadi 3,56% (4) kesalahan keterampilan proses 50% menjadi 3,56% (5) kesalahan penulisan jawaban akhir 64,29% menjadi 0%. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan teori Newman merupakan pilihan yang tepat untuk menganalisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal uraian. Pemberian bentuk Scaffolding dalam kegiatan pembelajaran dapat meminimalisir kesalahan siswa dalam mengerjakan soal uraian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teori Newman, scaffolding, peluang, analisis kesalahan. | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 511 General Principles of Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Laillia Nur Azizah | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | laillianurazizag02@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2022 02:06 | |||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2022 02:06 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14488 |
Actions (login required)
View Item |