Pola Pembelajaran baca Tulis Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an di SMK Nurul Jadid Sukowono Jember

Fikri, Soimul (2022) Pola Pembelajaran baca Tulis Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an di SMK Nurul Jadid Sukowono Jember. Undergraduate thesis, Universitas muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN OIEM.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. ABSTRAK OIEM.pdf

Download (711kB)
[img] Text
c. BAB 1 OIEM.pdf

Download (541kB)
[img] Text
d. BAB II OIEM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III OIEM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV OIEM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V OIEM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI OIEM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
j. lAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
k. JURNAL.pdf

Download (548kB)

Abstract

Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an‎ (BTQ)‎ merupakan‎ tahap‎ awal‎ yang‎ harus‎ ditempuh untuk memperdalam agama Islam. ‎Pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an‎ sudah‎ seharusnya‎ diajarkan‎ kepada setiap peserta didik muslim di semua jenjang pendidikan, ‎baik pendidikan formal maupun non formal. Masalah penelitian ini adalah bagaimana Pola Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur`an SMK Nurul Jadid Sukowono Jember. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui Pola Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur`an SMK Nurul Jadid Sukowono Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SMK Nurul Jadid Sukowono Jember. Metode pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa Pola Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) di SMK Nurul Jadid ialah dilakukan dalam bentuk pembelajaran kaidah tajwid, latihan pengucapan huruf hijaiyyah secara fasih, dan membaca Al-Quran secara langsung di depan guru, Siswa dijelaskan kaidah tajwid dalam kitab Qiroati kemudian‎ berlatih menerapkannya dalam membaca Al-Quran. Metode ‎yang digunakan dalam pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an ialah dengan menggunkan metode talaqqi yaitu guru membacakan ayat – ayat Al-Qur’an yang kemudian siswa mengikuti bacan guru secara bersamaan, pemberian tugas dan metode yaitu: siswa membaca di hadapan guru satu persatu. Selain itu siswa di berikan tugas menghafalkan surat – surat pendek dalam Al-Qur’an. Pembelajaran menulis huruf hijaiyyah dan ayat Al-Qur’an di kelas, yaitu siswa belajar menyambung huruf – huruf Al-Qur’an menjadi kalimat yang sempurna selain itu siswa juga belajar menyambung ayat Al-Qur’an dalam surat – surat pendek.(imla’) Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pola pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatakan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di SMK Nurul Jadid adalah siswa harus mampu memahami karakter huruf – huruf hijiyah serta mampu melafalkannya dengan benar, selain itu, pemahaman kaidah – kaidah tajwid juga menentukan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan benar. Untuk pembelajaran menulis Al-Qur’an yaitu dengan menggunkan metode imla’

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran Al-Qur’an, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.1 Sources of Islam > 297.122 4 Arabic Texts (Al-Quran)
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SOIMUL FIKRI
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorRofi, Sofyan0705078402
Thesis advisorHuda, Hairul0720018902
Contact Email Address: deikaasshouqi831@gmail.com
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:07
Last Modified: 03 Aug 2022 08:07
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14813

Actions (login required)

View Item View Item