HUBUNGAN KORBAN BULLYING DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK KELAS 4 DAN 5 SEKOLAH DASAR DI SDN SIDOMEKAR 4 SEMBORO, JEMBER



Maulana, Fuad Zaky (2022) HUBUNGAN KORBAN BULLYING DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK KELAS 4 DAN 5 SEKOLAH DASAR DI SDN SIDOMEKAR 4 SEMBORO, JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of 4. BAB 2.pdf] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[thumbnail of 5. BAB 3.pdf] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[thumbnail of 6. BAB 4.pdf] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[thumbnail of 9. BAB VII.pdf] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[thumbnail of 10. Daftar Pustaka.pdf] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN.pdf] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 12. Artikel.pdf] Text
12. Artikel.pdf

Download (625kB)

Abstract

Bullying merupakan perilaku verbal dan fisik yang dimaksudkan untuk mengganggu orang yang lebih lemah, perilaku tersebut berulang dalam waktu yang berbeda dan terdapat kekuatan yang tidak seimbang. Sehingga memberikan dampak negatif, yaitu psikososial seperti kepercayaan diri. Percaya diri (self confidence) adalah menyakinkan pada kemampuan dan penilaian diri sendiri dalam melakukan tugas dan memilih pendekatan yang efektif. Hal ini termasuk atas kepercayaan dan kemampuannya menghadapi lingkungan yang semakin menantang dan kepercaayaan atas keputusan atau pendapatnya. Sedangkan kepercayaan diri adalah sikap positif baik terhadaap diri sendiri maupun terhadap lingkungan atau situasi yang dihadapinya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Bullying Dengan Kepercayaan Diri Pada Anak Kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar di SDN Sidomekar 4 Semboro, Jember. Metode penelitian ini adalah desain korelasi dengan pendekatan Crossectional. Populasi penelitian adalah 57 siswa dari siswa kelas 4 dan 5 di SDN Sidomekar 4 Semboro dan sampelnya berjumlah 57 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa laki – laki 37 siswa (64,9 %), siswa perempuan 20 siswa (35,1 %). Siswa yang melakukan bullying ringan sebanyak 24 siwa (42,1 %), siswa yang melakukan bullying sedang sebanyak 32 siswa ( 56,1 %), siswa yang melakukan bullying berat sebanyak 1 siswa (1,8 %). Selanjutnya siswa yang memiliki kepercayaan diri positif sebanyak 40 siwa (70,2%), siswa yang memiliki kepercayaan diri negatif sebanyak 17 siwa (29,8%). Dari hasil yang di peroleh nilai P 0,004 < 0,005 dengan nilai koefisien korelasi (r) adalah 0,379 yang berarti positif. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan Bullying dan Kepercayaan Diri pada anak kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar di SDN Sidomekar 4 Semboro, Jember. Diharapkan siswa dapat melakukan aktifitas positif dan perilaku baik untuk menjaga hubungan baik dengan teman sebaya.

Kata kunci : perilaku Bullying, Kepercayaan Diri, dan Siswa

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Rohmah, Nikmatur
nidn0026067202
Dosen Pembimbing
Yulis A, Zuhrotul Eka
nidn0717078505

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Fuad Zaky Maulana | fuadzacky55@gmail.com
Date Deposited: 22 Sep 2022 06:10
Last Modified: 22 Sep 2022 06:10
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15334

Actions (login required)

View Item View Item