Pengaruh Penggunaan Aplikasi ClassDojo terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Paleran



Aulia, Lestari (2022) Pengaruh Penggunaan Aplikasi ClassDojo terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Paleran. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh efektivitas
aplikasi ClassDojo dan perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan aplikasi
ClassDojo dan siswa yang tidak menggunakan aplikasi ClassDojo dalam
pemanfaatan Media pembelajaran bagi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2
Paleran. Dengan adanya media pembelajaran aplikasi ClassDojo diharapkan siswa
termotivasi untuk semangat belajar. Dan penggunaan aplikasi ClassDojo
diharapkan dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang mengasyikkan dan
meningkatkan fokus atau perhatian anak didik pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia yang sedang disampaikan oleh guru di kelas.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif , dengan menggunakan jenis penelian
eksperimen. Pada penelitian ini menggunakan desain Pre-Experimental Design
Intact-Group Comparison dengan membentuk 2 kelompok , yaitu kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol. Sasaran pada penelitian ini siswa-siswi kelas X
RPL dan X BDPM SMK Muhammadiyah 2 Paleran. Kelompok eksperimen yaitu
kelas X RPL dan kelompok kontrol kelas X BDPM.Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini yaitu berupa tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini menggunakan penilaian acuan patokan (PAP). Analisis data menggunakan uji
validitas Prodact Momen,uji realibilitas Cronbach Alpha dan menguji hipotesis
yang telah diajukan. Untuk menghitung hasil dari analisis data menggunakan SPSS
16.0.
Hasil dari Uji Independent T Tes T hitung (4.124) > nilai T tabel (2,060)
pada taraf signifikan 5%, artinya data berasal dari varian yang homogen.
Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji hipotesis yang telah dilakukan
menunjukkan bahwa perhitungan ttabel dengan df 25 pada taraf signifikan 5% yaitu
2,060. Dengan demikian t hitung > t tabel (4,124 > 2,060) sehingga hipotesis
diterima.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terlihat adanya perbedaan
kegiatan pembelajaran yang berlangsung antara siswa kelas X RPL yang
menggunakan aplikasi ClassDojo dengan siswa kelas X BDPM yang tidak
menggunakan aplikasi ClassDojo di SMK Muhammadiyah 02 Paleran. Dan siswa
dapat termotivasi dan bisa meningkatkan hasil belajar

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Susetyo, Agus Milu
nidn0718088602
Dosen Pembimbing
Citraningrum, Dina Merdeka
nidn0717088701

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi ClassDojo
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Lestari Aulia | lestariaulia528@gmail.com
Date Deposited: 15 Nov 2022 01:04
Last Modified: 15 Nov 2022 01:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15500

Actions (login required)

View Item View Item