Aulia, Lestari (2022) Pengaruh Penggunaan Aplikasi ClassDojo terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Paleran. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (360kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (447kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (428kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh efektivitas aplikasi ClassDojo dan perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan aplikasi ClassDojo dan siswa yang tidak menggunakan aplikasi ClassDojo dalam pemanfaatan Media pembelajaran bagi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Paleran. Dengan adanya media pembelajaran aplikasi ClassDojo diharapkan siswa termotivasi untuk semangat belajar. Dan penggunaan aplikasi ClassDojo diharapkan dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang mengasyikkan dan meningkatkan fokus atau perhatian anak didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang sedang disampaikan oleh guru di kelas. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif , dengan menggunakan jenis penelian eksperimen. Pada penelitian ini menggunakan desain Pre-Experimental Design Intact-Group Comparison dengan membentuk 2 kelompok , yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sasaran pada penelitian ini siswa-siswi kelas X RPL dan X BDPM SMK Muhammadiyah 2 Paleran. Kelompok eksperimen yaitu kelas X RPL dan kelompok kontrol kelas X BDPM.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penilaian acuan patokan (PAP). Analisis data menggunakan uji validitas Prodact Momen,uji realibilitas Cronbach Alpha dan menguji hipotesis yang telah diajukan. Untuk menghitung hasil dari analisis data menggunakan SPSS 16.0. Hasil dari Uji Independent T Tes T hitung (4.124) > nilai T tabel (2,060) pada taraf signifikan 5%, artinya data berasal dari varian yang homogen. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan uji hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa perhitungan ttabel dengan df 25 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,060. Dengan demikian t hitung > t tabel (4,124 > 2,060) sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terlihat adanya perbedaan kegiatan pembelajaran yang berlangsung antara siswa kelas X RPL yang menggunakan aplikasi ClassDojo dengan siswa kelas X BDPM yang tidak menggunakan aplikasi ClassDojo di SMK Muhammadiyah 02 Paleran. Dan siswa dapat termotivasi dan bisa meningkatkan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Aplikasi ClassDojo | |||||||||
Subjects: | 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Lestari Aulia | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | lestariaulia528@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2022 01:04 | |||||||||
Last Modified: | 15 Nov 2022 01:04 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15500 |
Actions (login required)
View Item |