Pengaruh Pola Asuh Grandparenting terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 01 Kencong
Sekarsari, Dika Retno (2023) Pengaruh Pola Asuh Grandparenting terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 01 Kencong. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (749kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (514kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (560kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (653kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
10. ARTIKEL.pdf Download (756kB) |
Abstract
PENGARUH POLA ASUH GRANDPARENTING TERHADAP
PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMAN 01 KENCONG
Dika Retno Sekarsari 1
Iin Ervina 2 Anggraeni Swastika Sari 3
Intisari
Pola asuh grandparenting adalah kegiatan pengasuhan anak yang dilakukan
oleh kakek dan nenek terutama pada keluarga yang bersifat extended family sebagai
bentuk pelaksanaan tanggung jawab serta orang tua pengganti bagi anak sehingga
dengan cucu sangat dekat dengan kakek-nenek. Tujuan penelitian ini mengetahui
pengaruh pola asuh grandparenting terhadap prestasi belajar siswa. Subjek penelitian
siswa-siswi SMAN 01 Kencong yang diasuh kakek-nenek selama 1-8 tahun berjumlah
100 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik random sampling. Skala yang digunakan adalah skala pola
asuh grandparenting yang diadaptasi dari penelitian Asmidar (Brier & lia dwi jayanti,
2020). Hasil uji instrumen menggunakan uji validitas dengan nilai 0,3-1, nilai reliabilitas
sebanyak 0,87 dan analisa data menggunakan uji regresi dengan bantuan SPSS
mendapatkan 0,517. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa tidak
dipengaruhi oleh pola asuh grandparenting dengan nilai signifikasi (0,517) < alpha
(0,005) dan nilai R Square 0,004. Pengaruh yang diberikan pola asuh grandparenting
terhadap prestasi belajar sebesar 0,4% artinya bahwa prestasi belajar selain dipengaruhi
pola asuh grandparenting juga dipengaruhi faktor lain sebesar 99,6%. Berdasarkan hasil
uji deskripsi bahwa siswa-siswi memiliki pretasi belajar yang tinggi yaitu 63%.
Kata Kunci: Pola Asuh, Grandparenting, Prestasi Belajar
1. Peneliti
2. Dosen Pembimbing I
3. Dosen Pembimbing II
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingErvina, Iin0024107501Dosen PembimbingSari, Anggraeni Swastika0708108806
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Pola Asuh, Grandparenting, Prestasi Belajar |
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology > 158 Applied Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) |
Depositing User: | Dika Retno Sekarsari | dikaretno189@gmail.com |
Date Deposited: | 12 May 2023 02:23 |
Last Modified: | 12 May 2023 02:23 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16932 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |