Pengaruh Pola Asuh Grandparenting terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 01 Kencong

Sekarsari, Dika Retno (2023) Pengaruh Pola Asuh Grandparenting terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 01 Kencong. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (749kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (514kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (560kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (653kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10. ARTIKEL.pdf

Download (756kB)

Abstract

PENGARUH POLA ASUH GRANDPARENTING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMAN 01 KENCONG Dika Retno Sekarsari 1 Iin Ervina 2 Anggraeni Swastika Sari 3 Intisari Pola asuh grandparenting adalah kegiatan pengasuhan anak yang dilakukan oleh kakek dan nenek terutama pada keluarga yang bersifat extended family sebagai bentuk pelaksanaan tanggung jawab serta orang tua pengganti bagi anak sehingga dengan cucu sangat dekat dengan kakek-nenek. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pola asuh grandparenting terhadap prestasi belajar siswa. Subjek penelitian siswa-siswi SMAN 01 Kencong yang diasuh kakek-nenek selama 1-8 tahun berjumlah 100 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Skala yang digunakan adalah skala pola asuh grandparenting yang diadaptasi dari penelitian Asmidar (Brier & lia dwi jayanti, 2020). Hasil uji instrumen menggunakan uji validitas dengan nilai 0,3-1, nilai reliabilitas sebanyak 0,87 dan analisa data menggunakan uji regresi dengan bantuan SPSS mendapatkan 0,517. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa tidak dipengaruhi oleh pola asuh grandparenting dengan nilai signifikasi (0,517) < alpha (0,005) dan nilai R Square 0,004. Pengaruh yang diberikan pola asuh grandparenting terhadap prestasi belajar sebesar 0,4% artinya bahwa prestasi belajar selain dipengaruhi pola asuh grandparenting juga dipengaruhi faktor lain sebesar 99,6%. Berdasarkan hasil uji deskripsi bahwa siswa-siswi memiliki pretasi belajar yang tinggi yaitu 63%. Kata Kunci: Pola Asuh, Grandparenting, Prestasi Belajar 1. Peneliti 2. Dosen Pembimbing I 3. Dosen Pembimbing II

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Grandparenting, Prestasi Belajar
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology > 158 Applied Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Department: S1 Psikologi
Depositing User: Dika Retno Sekarsari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorErvina, Iin0024107501
Thesis advisorSari, Anggraeni Swastika0708108806
Contact Email Address: dikaretno189@gmail.com
Date Deposited: 12 May 2023 02:23
Last Modified: 12 May 2023 02:23
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16932

Actions (login required)

View Item View Item