Wardhani, Berliana Kusuma (2023) Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa Berdasarkan Teori Toulmin Pada Soal Numerasi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (493kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (552kB) |
|
Text
D. BAB II-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (854kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (499kB) |
|
Text
J. LAMPIRAN (1) (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan argumentasi siswa berdasarkan teori Toulmin pada penyelesaian soal numerasi kelas VIII di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan, Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan wawancara semi terstruktur. Peneliti menggunakan subjek pada siswa kelas VIII A berlokasi di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan. Data subjek diperoleh dari nilai tes soal numerasi berjumlah 2 butir soal dan dianalisis pada kategori level 1-5 kemampuan argumentasi berdasarkan teori Toulmin yang meliputi data, claim, warrant, backing, qualifier, dan rebuttal. Hasil penelitian siswa yang memiliki kemampuan argumentasi berada pada level 1 hanya mampu memaparkan claim karena kurang mampu memahami data informasi dengan lengkap, siswa yang berada pada level 2 hanya mampu memaparkan data dan claim karena kurang mampu memahami materi dan operasi hitung, siswa yang berada pada level 3 mampu mengaplikasikan rumus yang sesuai dengan permasalahan pada soal tetapi tidak terbiasa latihan berargumentasi matematika maka pembuktian atas dugaannya kurang kuat, siswa yang berada pada level 4 mampu memaparkan data, claim, warrant,dan backing namun belum mampu mengevaluasi argumentasinya dan belum mampu meyakinkan atau melemahkan asumsi yang dimilikinya, siswa yang berada pada level 5 mampu memaparkan indikator argumentasi data, claim, warrant, backing, qualifier, dan rebuttal maka mampu memberikan bukti yang kuat atas asumsi yang dimilikinya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Argumentasi, Teori Toulmin, Soal Numerasi, Aljabar | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Berliana Kusuma Wardhani | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | berlintrijaya@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 07 Jun 2023 06:09 | |||||||||
Last Modified: | 07 Jun 2023 06:09 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17161 |
Actions (login required)
View Item |