Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa Berdasarkan Teori Toulmin Pada Soal Numerasi

Wardhani, Berliana Kusuma (2023) Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa Berdasarkan Teori Toulmin Pada Soal Numerasi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (493kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (552kB)
[img] Text
D. BAB II-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (499kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN (1) (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan argumentasi siswa berdasarkan teori Toulmin pada penyelesaian soal numerasi kelas VIII di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan, Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan wawancara semi terstruktur. Peneliti menggunakan subjek pada siswa kelas VIII A berlokasi di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan. Data subjek diperoleh dari nilai tes soal numerasi berjumlah 2 butir soal dan dianalisis pada kategori level 1-5 kemampuan argumentasi berdasarkan teori Toulmin yang meliputi data, claim, warrant, backing, qualifier, dan rebuttal. Hasil penelitian siswa yang memiliki kemampuan argumentasi berada pada level 1 hanya mampu memaparkan claim karena kurang mampu memahami data informasi dengan lengkap, siswa yang berada pada level 2 hanya mampu memaparkan data dan claim karena kurang mampu memahami materi dan operasi hitung, siswa yang berada pada level 3 mampu mengaplikasikan rumus yang sesuai dengan permasalahan pada soal tetapi tidak terbiasa latihan berargumentasi matematika maka pembuktian atas dugaannya kurang kuat, siswa yang berada pada level 4 mampu memaparkan data, claim, warrant,dan backing namun belum mampu mengevaluasi argumentasinya dan belum mampu meyakinkan atau melemahkan asumsi yang dimilikinya, siswa yang berada pada level 5 mampu memaparkan indikator argumentasi data, claim, warrant, backing, qualifier, dan rebuttal maka mampu memberikan bukti yang kuat atas asumsi yang dimilikinya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Argumentasi, Teori Toulmin, Soal Numerasi, Aljabar
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Berliana Kusuma Wardhani
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorAgustina, LadyNIDN0722088102
Thesis advisorGalatea, Chusnul Khotimahnidn0729018802
Contact Email Address: berlintrijaya@gmail.com
Date Deposited: 07 Jun 2023 06:09
Last Modified: 07 Jun 2023 06:09
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17161

Actions (login required)

View Item View Item