Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Statistika Ditinjau Dari Self Concept

Agustina, Khusnul Hotimatus (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Statistika Ditinjau Dari Self Concept. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (990kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (514kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (532kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang adanya penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan peneliti pada tanggal 28 November 2022 di kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Jember, yang mana terdapat siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematika, akan tetapi terdapat perbedaan dalam tahap penyelesaiannya. Sehingga penulis ingin mengetahui faktor afektif yang andil dalam permasalahan tersebut, salah satunya yaitu self concept. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam pemecahan masalah statistika ditinjau dari self concept. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket self concept, tes tulis pemecahan masalah statistika dan wawancara semi terstruktur. Subjek yang digunakan oleh peneliti yaitu pada kelas VIII B di SMP Muhammadiyah 1 Jember Data subjek diperoleh 3 penggolongan self concept diantaranya self concept tinggi (positif), self concept sedang, dan self concept rendah (negatif). Berdasarkan tiga penggolongan self concept tersebut kemudian dianalisis kemampuan berpikir kritis siswa yang termuat dalam 4 indikator yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada masing-masing self concept memiliki penggolongan yang berbeda-beda. Siswa dengan self concept tinggi (positif) memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi (kritis) dalam pemecahan masalah dengan memenuhi 4 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi, siswa dengan self concept sedang memiliki kemampuan berpikir kritis sedang (cukup) dalam pemecahan masalah dengan memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis dan evaluasi, sedangkan siswa dengan self concept rendah (negatif) memiliki kemampuan berpikir kritis rendah (kurang) dalam pemecahan masalah dengan memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Self Concept
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Khusnul Hotimatus Agustina
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSuryaningrum, Christine Wulandarinidn0717028302
UNSPECIFIEDFirdaus, Hana Puspita Ekanidn0714069002
Contact Email Address: khusnulaggst@gmail.com
Date Deposited: 07 Jun 2023 04:21
Last Modified: 07 Jun 2023 06:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17162

Actions (login required)

View Item View Item