Agustina, Khusnul Hotimatus (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Statistika Ditinjau Dari Self Concept. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (990kB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (514kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (7MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (807kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (532kB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang adanya penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan peneliti pada tanggal 28 November 2022 di kelas VIII B SMP Muhammadiyah 1 Jember, yang mana terdapat siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematika, akan tetapi terdapat perbedaan dalam tahap penyelesaiannya. Sehingga penulis ingin mengetahui faktor afektif yang andil dalam permasalahan tersebut, salah satunya yaitu self concept. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam pemecahan masalah statistika ditinjau dari self concept. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket self concept, tes tulis pemecahan masalah statistika dan wawancara semi terstruktur. Subjek yang digunakan oleh peneliti yaitu pada kelas VIII B di SMP Muhammadiyah 1 Jember Data subjek diperoleh 3 penggolongan self concept diantaranya self concept tinggi (positif), self concept sedang, dan self concept rendah (negatif). Berdasarkan tiga penggolongan self concept tersebut kemudian dianalisis kemampuan berpikir kritis siswa yang termuat dalam 4 indikator yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada masing-masing self concept memiliki penggolongan yang berbeda-beda. Siswa dengan self concept tinggi (positif) memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi (kritis) dalam pemecahan masalah dengan memenuhi 4 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi, siswa dengan self concept sedang memiliki kemampuan berpikir kritis sedang (cukup) dalam pemecahan masalah dengan memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis dan evaluasi, sedangkan siswa dengan self concept rendah (negatif) memiliki kemampuan berpikir kritis rendah (kurang) dalam pemecahan masalah dengan memenuhi 3 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Self Concept | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Khusnul Hotimatus Agustina | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | khusnulaggst@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 07 Jun 2023 04:21 | |||||||||
Last Modified: | 07 Jun 2023 06:11 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/17162 |
Actions (login required)
View Item |