Make A Match Dipadu Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa

Raudhatul Jannah, Irma (2016) Make A Match Dipadu Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember..

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu Mengetahui Make A Match dipadu dengan TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada pokok bahasan sistem gerak pada manusia dan sistem pencernaan pada manusia kelas 8A SMPN 2 AMBULU. Penelitian PTK ini dilaksanakan 2 siklus yang mana setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui 4 cara: (1) observasi, (2) wawancara, (3) tes, (4) dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif Ketuntasan klasikal pada ranah kognitif siklus I mencapai 71% dan siklus II mencapai 78% dengan peningkatan sebesar 7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Make a Match dipadu Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII A SMPN 2 Ambulu.

Item Type: Article
Additional Information: IRMA RAUDHATUL JANNAH (1210211020)
Uncontrolled Keywords: Make a Match, TPS, kognitif
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 03 May 2019 02:18
Last Modified: 03 May 2019 02:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1723

Actions (login required)

View Item View Item