Penerapan Teknik Mind Mapping dengan Model Pembelajaran Poe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar



Fadhilah, Norma (2016) Penerapan Teknik Mind Mapping dengan Model Pembelajaran Poe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of DAFTAR RUJUKAN.pdf] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[thumbnail of 0. LAMPIRAN.pdf] Text
0. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)

Abstract

Pada pembelajaran IPA siswa kurang antusias ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung, nampak sebagian besar siswa tidak menyimak apa yang diterangkan oleh guru pada saat guru mengajar. Siswa cenderung kurang terlibat secara langsung dalam pembelajaran, sehingga terkesan pembelajaran berpusat kepada guru. Berdasarkan hasil observasi tersebut maka diperlukan suatu pembelajaran yang berbeda agar siswa dapat meningkatkan kemampuan diri siswa dalam memperkaya ilmu pengetahuan, sikap dan keterampilan berdasarkan kompetensi yang ada pada ranah kognitif, ranah afektif maupun ranah psikomotorik. Salah satunya adalah pembelajaran dengan menggunakan teknik mind mapping dengan model pembelajaran POE. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK, dilaksanakan tanggal 18 April-2 Mei 2016 di kelas VII D SMP Islam Ambulu Jember. Pengumpulan data melalui : (1) observasi, (2) wawancara, (3) tes, (4) dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, mind mapping, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada ranah kognitif siklus I 72,22% dilanjutkan ke siklus II mencapai 88,89%. Peningkatan hasil belajar ranah afektif siklus I sebesar 68,76% dan siklus II sebesar 82,70 %, sedangkan pada ranah psikomotor siklus I sebesar 68,36% dan siklus II sebesar 81,32%. Dengan demikian penerapan teknik mind mapping dengan model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VII D SMP Islam Ambulu Jember.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Munandar, Kukuh
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Herrianto, Elfien
UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Teknik Mind Mapping, Model Pembelajaran POE, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com
Date Deposited: 03 May 2019 01:41
Last Modified: 29 Oct 2019 03:28
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1733

Actions (login required)

View Item View Item