Penerapan Model Tq dengan Mengoptimalkan Alat Peraga 3d Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Application Model Tq To Optimize 3d Figure Tools To Improve Learning Outcomes

Hamdiyah, Shofiyatul (2016) Penerapan Model Tq dengan Mengoptimalkan Alat Peraga 3d Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Application Model Tq To Optimize 3d Figure Tools To Improve Learning Outcomes. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (490kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
1. MATRIKS PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)

Abstract

Proses pembelajaran tidak mungkin terwujud dengan baik jika guru dan siswa tidak didukung oleh media yang sesuai, dimana media pembelajaran adalah alat. Alat peraga 3D yaitu media yang tampilannya dapat diamati dari arah pandang mana saja dan mempunyai dimensi panjang, lebar dan tinggi/lebar serta dapat menjelaskan prosenya dengan memahami materi dihadapkan objek yang menyerupai bentuk aslinya sehingga mempermudah siswa dalam membuat pertanyan dan jawaban, karena sistem ekskresi materi yang sukar dan bersifat konkrit. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK, meliputi 4 tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Penelitian pada tanggal 12 April 2016 sampai tanggal 23 April 2016 di kelas XI IPA MA Muhammadiyah 1 Watukebo Ambulu. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data diantaranya, yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil peningkatan ranah kognitif siklus I mencapai 70,00% dan pada siklus II mencapai 85,00% mengalami peningkatan sebesar 15,00%. Selanjutnya hasil peningkatan ranah afektif siklus I mencapai rata-rata 71,39% pada siklus II mencapai rata-rata 85,6% mengalami peningkatan sebesar 13,61%. Sedangkan pada ranah psikomotor siklus I mencapai rata-rata 67,1% dan pada siklus II mencapai rata-rata 85,8% mengalami peningkatan sebesar 18,75%. Dimana hasil belajar sudah mencapai ketetapan secara klasikal 75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran team quiz, alat peraga 3D, hasil belajar dan MA Muhammadiyah 1 Watukebo Ambulu.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined]
Depositing User: Rudi Setiawan
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMunandar, KukuhUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDPurwono, Gatot SugengUNSPECIFIED
Date Deposited: 15 May 2019 03:08
Last Modified: 29 Oct 2019 03:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1778

Actions (login required)

View Item View Item