Mua’awanah, Siti (2016) Penggunaan Model Pembelajaran Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viie SMPN 01 Sumberbaru Pokok Bahasan Ekosistem. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
artikel.pdf Download (72kB) | Preview |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (91kB) |
||
Text
10. ABSTRAK.pdf Download (22kB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (27kB) |
||
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
Text
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
Text
1.matrik.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
Text
2. wawancara.pdf Restricted to Repository staff only Download (5kB) |
||
Text
3. silabus.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu proses belajar yang di dalamnya terjadi interaksi antara seorang guru dan siswa, serta siswa dan objek untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Hasil belajar siswa SMP Negeri 01 Sumberbaru belum mencapai Standart Ketuntasan Minimal ≥75 dengan ketuntasan klasikal 60%. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang masih belum mencapai KKM. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan model AIR untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIE SMP Negeri 01 Sumberbaru. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk menerapkan model AIR (Auditory Intellectualy Repetition) guna meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adala tes dan non tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan. Siklus I ranah kognitif secara klasikal adalah 71,42% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,7%. Ranah afektif pada siklus I yaitu 75,69% dan siklus II yaitu sebesar 77,78%. Ranah psikomotor siklus I yaitu 70,14% dan siklus II menjadi 80,09%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulan bahwa penerapan model pembelajaran model pembelajaran AIR (Auditory Intellectualy Repetition) dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Auditory intellectualy repetition, hasil belajar | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Rudi Setiawan | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 16 May 2019 01:55 | |||||||||
Last Modified: | 29 Oct 2019 06:44 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1788 |
Actions (login required)
View Item |