Penerapan Model Reciprocal Teaching Berbasis Pbl untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Rahmawati Fauziana, Yeni (2016) Penerapan Model Reciprocal Teaching Berbasis Pbl untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text
bagian awal.pdf

Download (82kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB 1(1).pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB 2(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
BAB 3(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] Text
BAB VI(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model Reciprocal teaching berbasis Problem Based Learning pada materi Sistem Regulasi Manusia. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data adalah tes, wawancara dan observasi. Sumber data adalah siswa dan guru, data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil tes pada saat sebelum tindakan siklus I dan siklus II.. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Reciprocal teaching berbasis Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA pada materi Sistem Regulasi Manusia. Pada siklus I persentase hasil belajar kognitif siswa sebesar 66,67% yang kemudian meningkat menjadi 76,19% pada siklus II. Untuk aspek afektif persentase ketercapaian siklus I 78,72% dan meningkat pada siklus II menjadi 83,80%. Sedangkan untuk aspek psikomotor pada siklus I sebesar 75,12% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,41%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Reciprocal teaching, Problem based learning, Hasil belajar
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 15 May 2019 03:09
Last Modified: 30 Oct 2019 00:44
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1798

Actions (login required)

View Item View Item