Analisis Pelaksanaan Authentic Assessment Pembelajaran Biologi Kelas X pada Kurikulum 2013 Revisi



Rahmawati, Fani (2017) Analisis Pelaksanaan Authentic Assessment Pembelajaran Biologi Kelas X pada Kurikulum 2013 Revisi. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of PDF.pdf] Text
PDF.pdf

Download (468kB)
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of BAB-II.pdf] Text
BAB-II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[thumbnail of BAB-III.pdf] Text
BAB-III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[thumbnail of BAB-IV.pdf] Text
BAB-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[thumbnail of BAB-V.pdf] Text
BAB-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[thumbnail of BAB-VI.pdf] Text
BAB-VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[thumbnail of Daftar-Rujukan.pdf] Text
Daftar-Rujukan.pdf

Download (98kB)

Abstract

Penilaian autentik merupakan salah satu syarat penilaian yang harus dilaksanakan dalam proses pembelajaran pada Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian autentik pembelajaran Biologi dan hambatannya di SMAN 1 Bangorejo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian autentik di SMAN 1 Bangorejo belum berjalan dengan optimal sebab guru tidak menggunakan teknik penilaian yang beragam. Teknik penilaian sikap yang digunakan adalah observasi dan jurnal. Teknik penilaian keterampilanyang digunakan unjuk kerja saja. Teknik penilaian pengetahuan saja yang dilakukan lengkap oleh guru, yaitu tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Hambatan pelaksanaan yang ditemui adalah kurangnya pemahaman guru terhadap Kurikulum 2013 terkait sistem penilaian dan guru tidak mampu mengembangkan instrumen penilaian.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Komarayanti, Sawitri
nidn8802183

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Authentic assessment, Pembelajaran biologi, Kurikulum 2013
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com
Date Deposited: 19 Jun 2019 02:51
Last Modified: 19 Sep 2019 09:56
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1815

Actions (login required)

View Item View Item