Rahmawati, Fani (2017) Analisis Pelaksanaan Authentic Assessment Pembelajaran Biologi Kelas X pada Kurikulum 2013 Revisi. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (129kB) | Preview |
|
Text
PDF.pdf Download (468kB) |
||
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (154kB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (179kB) |
||
Text
BAB-II.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
Text
BAB-III.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
Text
BAB-IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) |
||
Text
BAB-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
Text
BAB-VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
Text
Daftar-Rujukan.pdf Download (98kB) |
Abstract
Penilaian autentik merupakan salah satu syarat penilaian yang harus dilaksanakan dalam proses pembelajaran pada Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian autentik pembelajaran Biologi dan hambatannya di SMAN 1 Bangorejo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian autentik di SMAN 1 Bangorejo belum berjalan dengan optimal sebab guru tidak menggunakan teknik penilaian yang beragam. Teknik penilaian sikap yang digunakan adalah observasi dan jurnal. Teknik penilaian keterampilanyang digunakan unjuk kerja saja. Teknik penilaian pengetahuan saja yang dilakukan lengkap oleh guru, yaitu tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Hambatan pelaksanaan yang ditemui adalah kurangnya pemahaman guru terhadap Kurikulum 2013 terkait sistem penilaian dan guru tidak mampu mengembangkan instrumen penilaian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Authentic assessment, Pembelajaran biologi, Kurikulum 2013 | ||||||
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) | ||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined] | ||||||
Depositing User: | Rudi Setiawan | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2019 02:51 | ||||||
Last Modified: | 19 Sep 2019 09:56 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1815 |
Actions (login required)
View Item |