Pendekatan Jas Dipadu Gi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif

Rini Riani, Harjani (2017) Pendekatan Jas Dipadu Gi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember..

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan pendekatan Jelajah Alam Sekitar dengan model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Jember dengan sampel penelitian berjumlah 34 orang. Intrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan antara siklus I dan siklus II. Pada siklus I hasil belajar siswa klasikal 21,2% meningkat menjadi 84,8% dan telah mencapai KKM 76 dengan kriteria ketuntasan 80%. Simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan Jelajah Alam Sekitar dengan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Article
Additional Information: Harjani Rini Riani (1310211011)
Uncontrolled Keywords: Jelajah Alam Sekitar, Group Investigation, Motivasi, Hasil belajar
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 19 Jun 2019 02:53
Last Modified: 19 Jun 2019 02:53
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1817

Actions (login required)

View Item View Item