Nerul Enggar, Siti (2017) Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Jelajah Alam Sekitar (Jas) dan Model Inkuiri. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (206kB) | Preview |
|
Text
COVER.pdf Download (83kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (205kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (204kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa dengan penerapan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) melalui model inkuiri. Pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) melatih siswa belajar mandiri dengan melakukan pengamatan terhadap alam sebagai objek pengamatannya. Demikian pula dengan model pembelajaran inkuiri melatih siswa lebih mandiri dalam melakukan pembelajaran dimana siswa melakukan pengamatannya sendiri berdasarkan hipotesis yang ditemukan terlebih dahulu. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penilitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa pada prasiklus sebesar 44% meningkat menjadi 55% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 79,16% pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) melalui model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konsep, Jelajah Alam Sekitar (JAS), Model Inkuiri. |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) |
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84205#PENDIDIKANBIOLOGI" not defined] |
Depositing User: | Rudi Setiawan |
Date Deposited: | 20 Jun 2019 03:30 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 08:57 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1833 |
Actions (login required)
View Item |