Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Jelajah Alam Sekitar (Jas) dan Model Inkuiri

Nerul Enggar, Siti (2017) Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Jelajah Alam Sekitar (Jas) dan Model Inkuiri. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah jember..

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa dengan penerapan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) melalui model inkuiri. Pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) melatih siswa belajar mandiri dengan melakukan pengamatan terhadap alam sebagai objek pengamatannya. Demikian pula dengan model pembelajaran inkuiri melatih siswa lebih mandiri dalam melakukan pembelajaran dimana siswa melakukan pengamatannya sendiri berdasarkan hipotesis yang ditemukan terlebih dahulu. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penilitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa pada prasiklus sebesar 44% meningkat menjadi 55% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 79,16% pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) melalui model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Article
Additional Information: SITI NERUL ENGGAR (1310211043)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Jelajah Alam Sekitar (JAS), Model Inkuiri.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education
Depositing User: Rudi Setiawan
Date Deposited: 20 Jun 2019 03:30
Last Modified: 20 Jun 2019 03:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1833

Actions (login required)

View Item View Item