Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Setting Model Treffinger terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa



Dewi, Sapta Ria (2017) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Setting Model Treffinger terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of pendahuluan.pdf] Text
pendahuluan.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran kooperatif setting model Treffinger terhadap kreativitas siswa kelas VII SMP Negeri 1 Maesan, 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran kooperatif setting model Treffinger terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Maesan. Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang lain, berdasarkan hasil wawancara kepada guru bidang studi matematika SMP Negeri 1 Maesan bahwa kreativitas siswa belum muncul pada saat proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa belum memenuhi ketuntasan. Salah satu dari model pembelajaran yang mengembangkan kreativitas adalah kooperatif setting model Treffinger. Adapun materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah keliling dan luas segitiga. Peneliti menggunakan empat metode pengumpulan data diantaranya yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Hasil dari penelitian quasi eksperimen ini adalah 1) terdapat pengaruh yang kurang dari pembelajaran kooperatif setting model Treffinger terhadap kreativitas siswa, 2) terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif setting model Treffinger terhadap hasil belajar siswa.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Komarayanti, Sawitri
nidn8802183

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: model Treffinger, Kreativitas, Hasil Belajar
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 27 May 2019 03:10
Last Modified: 25 Sep 2019 10:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1883

Actions (login required)

View Item View Item