Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Segitiga Menurut Teori Bruner Ditinju dari Perbedaan Gender

Yanti, Erlina Dwi (2024) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Segitiga Menurut Teori Bruner Ditinju dari Perbedaan Gender. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1 Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 Abstrak.pdf

Download (234kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB) | Request a copy
[img] Text
7 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
8 BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
9 Daftar Pustaka.pdf

Download (322kB)
[img] Text
10 Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa dari kelas IV A menurut teori bruner ditinjau dari perbedaan gender di SDN Curahtakir 04, Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan LKPD dan wawancara semi terstruktur. Peneliti menggunakan subjek pada siswa kelas IV yang memiliki kemampuan pemahaman konsep berlokasi di SDN Curahtakir 04. Data subjek diperoleh 4 siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep diantaranya yaitu 2 siswa laki-laki dan 2 siswa Perempuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh siswa laki-laki memiliki kemampuan pemahaman konsep lebih unggul dibandingkan dengan siswa perempuan. Siswa laki-laki menjawab pertanyaan yang terdapat pada LKPD dan wawancara dengan sesuai dan benar meskipun masih terdapat beberapa kekurangan pada salah satu siswa laki-laki. Akan tetapi, pemahaman pada siwa perempuan saat menyelesaikan LKPD dan juga wawancara masih terdapat beberapa kekurangan dalam menjawab dan menjelaskan terkait dengan pertanyaan yang diberikan. Kekurangan jawaban tersebut masih minim pada siwa laki-laki dibandingkan siswa perempuan. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa laki-laki lebih baik dan unggul dibandingkan dengan siswa perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampan Pemahaman Konsep, Teori Bruner, Gender
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Depositing User: Erlina Dwi Yanti
Date Deposited: 13 Jul 2024 02:00
Last Modified: 13 Jul 2024 02:00
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21480

Actions (login required)

View Item View Item