Analisis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Segitiga Ditinjau dari Tipe Kepribadian Koleris

Lestari, Merlin Cristianda Ayu (2024) Analisis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Segitiga Ditinjau dari Tipe Kepribadian Koleris. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
4 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text
5 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
6 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
8 BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)
[img] Text
10 LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kesulitan siswa dari kelas VIIA dan VII B ditinjau dari tipe kepribadian koleris di SMPN 2 Tempurejo, Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis serta wawancara semi terstruktur. Peneliti menggunakan subjek pada siswa kelas VII A dan VII B yang memiliki tipe kepribadian koleris berlokasi di SMPN 2 Tempurejo. Data subjek diperoleh 3 jenis kesulitan siswa meliputi, kesulitan konseptual, kesulitan prosedural, dan kesulitan teknik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesulitan konseptual meliputi, tidak menuliskan dan salah dalam menuliskan rumus serta simbol. Kesulitan prosedural meliputi, tidak menuliskan diketahui, ditanyakan, maupun kesimpulan, salah menuliskan informasi diketahui pada soal, ketidakjelasan menuliskan informasi ditanyakan, salah menuliskan langkah-langkah penyelesaian pada soal, tidak menuliskan langkah penyelesaian sama sekali. Kesulitan teknik meliputi, tidak menuliskan satuan pada angka yang memiliki satuan atau pada jawaban, tidak menuliskan satuan salah dalam menuliskan satuan pada jawaban, salah dalam menuliskan satuan pada jawaban akhir, dan salah dalam melakukan operasi hitung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Siswa, Tipe Kepribadian
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Merlin Cristianda Ayu Lestari
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:56
Last Modified: 15 Jul 2024 02:56
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21515

Actions (login required)

View Item View Item