Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penalaran Matematis dengan Menggunakan Mind Mapping

Adikalan, Naufal Husein (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penalaran Matematis dengan Menggunakan Mind Mapping. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (243kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Terdapat dua tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berbasis penalaran matematis dengan menggunakan mind mapping untuk peserta didik kelas dan meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik, dengan dilatar belakangi penelitian ini diantaranya adalah karena guru mendominasi pada pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi. Hal ini mengakibatkan aktivitas peserta didik kelas VII G UPTD SPF SMP Negeri 3 Bondowoso cenderung pasif, sehingga tujuan pembelajaran yang holistik tidak tercapai secara optimal. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) pakah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis penalaran matematis dengan menggunakan mind mapping yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik? (2) apakah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis penalaran matematis dengan menggunakan mind mapping yang dikembangkan memenuhi penilaian kepraktisan, keefektifan, keefisienan? (3) bagaimanakah peningkatan hasil belajar peserta didik saat diterapkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis penalaran matematis dengan menggunakan mind mapping? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan (1974) digunakan, yang terdiri dari empat tahap: Define, Design, Develop, dan Disseminate, tetapi pada pengembangan LKPD berbasis mind mapping ini hanya terbatas pada 3D. Penelitian dilaksanakan pada 28 Februari 2024 hingga 9 Maret 2024 di kelas VII G UPTD SPF SMP Negeri 3 Bondowo. Peneliti menggunakan enam metode pengumpulan data dan instrumen diantaranya, yaitu lembar observasi, lembar wawancara, angket validasi, angket respon guru, angket respon peserta didik dan kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian mencakup validitas, kepraktisan, efisiensi, dan efektivitas LKPD yang dibuat. Setelah divalidasi oleh dua validator, LKPD mendapat skor rata-rata 3.25, yang menunjukkan tingkat kevalidan yang baik. Kepraktisan LKPD dinilai dengan angket respon guru, yang menerima skor rata-rata 81,25%, yang menunjukkan bahwa LKPD dapat dianggap praktis. Angket respon peserta didik untuk menilai keefisienan dari LKPD, yang menerima skor rata-rata 86,27%, menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan efisien dan adanya peningkatan hasil belajar sebesar 740, maka LKPD dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, penalaran matematis, Mind Mapping, Efisien, Praktis, Efektif
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Naufal Husein Adikalan
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorAH, NURUL IMAMAHNIDN0712048506
Thesis advisorSURYANINGRUM, CHRISTINE WULANDARInidn0717028302
Contact Email Address: naufalhuseina04@gmail.com
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:26
Last Modified: 17 Jul 2024 06:26
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21696

Actions (login required)

View Item View Item