Aldi, Rohmad (2024) Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pemasok Pada UMKM Pengepul Cabe Jawa Barokah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (471kB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (5MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika bisnis islam yang diterapkan oleh UMKM Pengepul Cabe Jawa Barokah Desa Jambearum Kecamatan Puger Kabupaten Jember dan Faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan pemasok pada UMKM Pengepul Cabe Jawa Barokah Desa Jambearum Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Untuk mengindentifikasi permasalahan dan menjawab masalah penelitian, maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualititaf dengan penelitian studi kasus dan teknik penentuan subjek purposive. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi pasitipasif aktif, wawancara semi struktur dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Kemudian penelitian ini dalam pengecekan keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan bahwa : (1) pelaku UMKM Pengepul Cabe Jawa Barokah Desa Jambearum Kecamatan Puger Kabupaten Jember telah mengimplementasikan 5 prinsip etika bisnis islam dalam menjalankan usahanya meliputi : Prinsip Unity (Ketuahan Tauhid), Prinsip Equilibrium (Keseimbangan), Prinsip Free Will (Kehendak Bebas), Psinsip responsibility (Tanggung Jawab), Prinsip Kebenaran : Kebajika dan Kejujuran. (2) Dampak implementasi etika bisnis islam dalam meningkatkan loyalitas pelanggan pemasok pada UMKM Pengepul Cabe Jawa Barokah Desa Jambearum Kecamatan Puger Kabupaten Jember sudah terlaihat terjadi loyalitas pelanggan yang telah di ungkapakan oleh pelanggan pemasok dengan adanya kualitas layanan, kepuasan pelanggan dan nilai yang dirasakan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis Islam, Loyalitas Pelanggan | |||||||||
Subjects: | 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.2 Islamic Doctrinal Theology > 297.273 Islam and Economics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Sharia Economy (S1) | |||||||||
Department: | S1 Ekonomi Syariah | |||||||||
Depositing User: | ROHMAD ALDI | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | rohmad.yahoo.com@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 20 Jul 2024 01:15 | |||||||||
Last Modified: | 20 Jul 2024 01:15 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/21955 |
Actions (login required)
View Item |