GAMBARAN SELF REGULATED LEAERNING PADA SANTRI SMA PONDOK PESANTREN MODERN

Rosyidah, Wahdini (2024) GAMBARAN SELF REGULATED LEAERNING PADA SANTRI SMA PONDOK PESANTREN MODERN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (928kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Self regulated learning merupakan perolehan pengetahuan dan juga keterampilan yang didapat dan berfungsi untuk melakukan penetapan tujuan, melakukan perencanaan didalam proses pembelajaran, menyusun strategi dalam pembelajaran, memperkuat diri, melakukan penilaian terhadap diri sendiri, dan memberikan instruksi secara mandiri kepada diri sendiri didalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran self regulated learning pada santri SMA pondok pesantren modern. Metode yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah santri SMA laki-laki dan santri SMA perempuan dengan jumlah populasi 335 santri. Sampel yang digunakan 185 santri dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Skala yang digunakan untuk mengukur tingkat self regulated learning pada santri SMA pondok pesantren modern diperoleh dari modifikasi skala self regulated learning milik Sari dan Linsiya (2022), dan diperoleh validitas antara 0,314 sampai dengan 0,568 dengan nilai reliabilitas 0,756. Analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan kategorinya bahwa self regulated learning santri SMA pondok pesantren masih berada pada kategori tinggi. Dilihat dari aspeknya, persentase tertinggi pada metakognitif yaitu 60,5% sedangkan aspek terendah pada behavior yaitu 57,8%. Secara demografi dapat dilihat bahwa santri laki-laki memilki self regulated learning lebih tinggi sedangkan santri perempuan memiliki self regulated learning lebih rendah. Selain itu, santri SMA kelas 12 memiliki self regulated learning lebih tinggi. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan gambaran yang lebih dalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Self Regulated Learning, boarding school, students
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Department: S1 Psikologi
Depositing User: Wahdini Rosyidah
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSari, Anggraeni SwastikaUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDLinsiya, Ria WiyatfiUNSPECIFIED
Contact Email Address: wahdinirosyidah@gmail.com
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:45
Last Modified: 23 Jul 2024 02:46
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22158

Actions (login required)

View Item View Item