Rosyidah, Wahdini (2024) GAMBARAN SELF REGULATED LEAERNING PADA SANTRI SMA PONDOK PESANTREN MODERN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (928kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (971kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (928kB) | Request a copy |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Self regulated learning merupakan perolehan pengetahuan dan juga keterampilan yang didapat dan berfungsi untuk melakukan penetapan tujuan, melakukan perencanaan didalam proses pembelajaran, menyusun strategi dalam pembelajaran, memperkuat diri, melakukan penilaian terhadap diri sendiri, dan memberikan instruksi secara mandiri kepada diri sendiri didalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran self regulated learning pada santri SMA pondok pesantren modern. Metode yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah santri SMA laki-laki dan santri SMA perempuan dengan jumlah populasi 335 santri. Sampel yang digunakan 185 santri dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Skala yang digunakan untuk mengukur tingkat self regulated learning pada santri SMA pondok pesantren modern diperoleh dari modifikasi skala self regulated learning milik Sari dan Linsiya (2022), dan diperoleh validitas antara 0,314 sampai dengan 0,568 dengan nilai reliabilitas 0,756. Analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan kategorinya bahwa self regulated learning santri SMA pondok pesantren masih berada pada kategori tinggi. Dilihat dari aspeknya, persentase tertinggi pada metakognitif yaitu 60,5% sedangkan aspek terendah pada behavior yaitu 57,8%. Secara demografi dapat dilihat bahwa santri laki-laki memilki self regulated learning lebih tinggi sedangkan santri perempuan memiliki self regulated learning lebih rendah. Selain itu, santri SMA kelas 12 memiliki self regulated learning lebih tinggi. Peneliti selanjutnya dapat menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan gambaran yang lebih dalam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Regulated Learning, boarding school, students | |||||||||
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education | |||||||||
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) | |||||||||
Department: | S1 Psikologi | |||||||||
Depositing User: | Wahdini Rosyidah | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | wahdinirosyidah@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 02:45 | |||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2024 02:46 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22158 |
Actions (login required)
View Item |