Pengaruh Model Pembelajaran PBL (problem based learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Sosial, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X di MAN 2 Jember

Juanda, Fajaria Dewi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran PBL (problem based learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Sosial, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X di MAN 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Halaman awal.pdf

Download (977kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB II (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (571kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi saat ini semakin pesat untuk dipersiapkan guna menghadapi abad 21. Perkembangan pendidikan memiliki peran penting dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis, sikap sosial, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis PBL pada keterampilan berpikir kritis di MAN 2 Jember, mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis PBL terhadap hasil belajar kognitif pada siswa MAN 2 Jember dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis PBL terhadap sikap sosial pada siswa MAN 2 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Jember pada tahun ajaran semester genap 2023/2024 bertempat di MAN 2 Jember. Berdasarkan analisis dari penelitian ini terdapat pengaruh pembelajaran PBL terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, sikap sosial, dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat pada pengujian hipotesis menggunakan uji anacova yang dimana hasil nilai signifikansi yaitu sebesar 0,001 pada kemampuan berpikir kritis, 0,001 pada sikap sosial siswa dan 0,011 pada hasil belajar kognitif. Karena nilai signifikan < 0,005 maka dapat disimpulkan hipotesis diterima (H0) yang artinya terdapat pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran PBL pada keterampilan berpikir kritis siswa, sikap sosial dan hasil belajar kognitif di MAN 2 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis, sikap sosial, hasil belajar, PBL
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 601 Philosophy and Theory of Technology > 607 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Fajaria Juanda Dewi
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorUsman, AliNIDN0721068901
Thesis advisorEurika, NovyNIDN0014117901
Contact Email Address: fajariajuandadewi10@gmail.com
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:55
Last Modified: 23 Jul 2024 06:55
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22194

Actions (login required)

View Item View Item