Juanda, Fajaria Dewi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran PBL (problem based learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Sosial, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X di MAN 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Halaman awal.pdf Download (977kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (333kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (468kB) |
|
Text
BAB II (3).pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (956kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (571kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi saat ini semakin pesat untuk dipersiapkan guna menghadapi abad 21. Perkembangan pendidikan memiliki peran penting dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis, sikap sosial, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis PBL pada keterampilan berpikir kritis di MAN 2 Jember, mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis PBL terhadap hasil belajar kognitif pada siswa MAN 2 Jember dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis PBL terhadap sikap sosial pada siswa MAN 2 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Jember pada tahun ajaran semester genap 2023/2024 bertempat di MAN 2 Jember. Berdasarkan analisis dari penelitian ini terdapat pengaruh pembelajaran PBL terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, sikap sosial, dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat pada pengujian hipotesis menggunakan uji anacova yang dimana hasil nilai signifikansi yaitu sebesar 0,001 pada kemampuan berpikir kritis, 0,001 pada sikap sosial siswa dan 0,011 pada hasil belajar kognitif. Karena nilai signifikan < 0,005 maka dapat disimpulkan hipotesis diterima (H0) yang artinya terdapat pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran PBL pada keterampilan berpikir kritis siswa, sikap sosial dan hasil belajar kognitif di MAN 2 Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kritis, sikap sosial, hasil belajar, PBL | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 601 Philosophy and Theory of Technology > 607 Education, Research & Related Topics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | Fajaria Juanda Dewi | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | fajariajuandadewi10@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 06:55 | |||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2024 06:55 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22194 |
Actions (login required)
View Item |