Pola Komunikasi Guru Terhadap Peserta Didik Dalam Pembelajaran PAI Di SMP Salafiyah Syafi'iyah Ajung



Maulidyah, Nur Afiatul (2024) Pola Komunikasi Guru Terhadap Peserta Didik Dalam Pembelajaran PAI Di SMP Salafiyah Syafi'iyah Ajung. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of H. BAB VI.pdf] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of I. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of J. LAMPIRAN.pdf] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pola komunikasi menjadi faktor penting dalam kegiatan belajar
mengajar agar guru dapat dengan mudah menyampaikan materi kepadamurid dengan tepat dan peserta didik dapat menerima materi dengan jelas
dan baik. Pola komunikasi guru terhadap murid dalam pembelajaranPAI
bukan hanya tentang penyampaian informasi, tetapi juga pembentukankarakter, moral, dan spiritual siswa. Tujuan dari penelitian ini untukmengetahui pola komunikasi guru terhadap peserta didik dalam
pembelajaran PAI di SMP Salafiyah Syafi’iyah Ajung. Penelitiaanini
menggunkan metode deskriptif kualitatif, Sebuah metode yang digunakanpeneliti untuk menemukan pengetahuan atau teori terhadap penelitian padasatu waktu tertentu. Pendekatan ini didasarkan pada pemahaman bahwafenomena sosial dapat dipahami dengan lebih baik melalui pengalamandaninterpretasi pengalaman. Pengumpulan data pada pendekatan kualitatif
deskriptif berupa data non-numerik seperti wawancara, observasi, dandokumentasi. Menggunakan pola komunikasi yang baik dan bahasa yangmudah dipahami sehingga peserta didik lebih mudah untuk mencernamateri. Penguasaan materi serta penyusunan bahan ajar akan sangat
berpengaruh bagi keberlangsungan proses belajar mengajar guru di kelas,
karena guru yang menguasai materi dapat dengan mudah memahami gayabelajar setiap siswa. Faktor pendukung dan penghambat bagi guru saat
mengajar di kelas adalah hal yang wajar ditemui, guru harus memiliki
kreatifitas untuk menghadapi hambatan tersebut. Hambatan yang seringdijumpai saat mengajar yakni kesiapan mental siswa, jika siswa memiliki
mood yang baik maka akan mempermudah guru dalam menyampain materi
pembelajaran. Hasil dari wawancara bersama guru dan beberapa muridserta dari hasil observasi dan dokumentasi di sekolah menunjukkan bahwaguru telah berupaya untuk menciptkan pola komunikasi yang efektif bagi
siswa sehingga mereka dapat dengan mudah memahami materi yangdisampaikan oleh guru, serta berupaya mengatasi hambatan hambatan yangterjadi saat proses pembelajaran di kelas.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Nursyamsiyah, Siti
NIDN0706027901
Dosen Pembimbing
Tamami, Badrut
NIDN0722108603

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Pola komunikasi, Hambatan dalam pembelajaran
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: NUR AFIATUL MAULIDYAH | nur.afiatul19062000@gmail.com
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:11
Last Modified: 24 Jul 2024 06:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22271

Actions (login required)

View Item View Item