Pola Komunikasi Guru Terhadap Peserta Didik Dalam Pembelajaran PAI Di SMP Salafiyah Syafi'iyah Ajung
Maulidyah, Nur Afiatul (2024) Pola Komunikasi Guru Terhadap Peserta Didik Dalam Pembelajaran PAI Di SMP Salafiyah Syafi'iyah Ajung. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
C. BAB I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pola komunikasi menjadi faktor penting dalam kegiatan belajar
mengajar agar guru dapat dengan mudah menyampaikan materi kepadamurid dengan tepat dan peserta didik dapat menerima materi dengan jelas
dan baik. Pola komunikasi guru terhadap murid dalam pembelajaranPAI
bukan hanya tentang penyampaian informasi, tetapi juga pembentukankarakter, moral, dan spiritual siswa. Tujuan dari penelitian ini untukmengetahui pola komunikasi guru terhadap peserta didik dalam
pembelajaran PAI di SMP Salafiyah Syafi’iyah Ajung. Penelitiaanini
menggunkan metode deskriptif kualitatif, Sebuah metode yang digunakanpeneliti untuk menemukan pengetahuan atau teori terhadap penelitian padasatu waktu tertentu. Pendekatan ini didasarkan pada pemahaman bahwafenomena sosial dapat dipahami dengan lebih baik melalui pengalamandaninterpretasi pengalaman. Pengumpulan data pada pendekatan kualitatif
deskriptif berupa data non-numerik seperti wawancara, observasi, dandokumentasi. Menggunakan pola komunikasi yang baik dan bahasa yangmudah dipahami sehingga peserta didik lebih mudah untuk mencernamateri. Penguasaan materi serta penyusunan bahan ajar akan sangat
berpengaruh bagi keberlangsungan proses belajar mengajar guru di kelas,
karena guru yang menguasai materi dapat dengan mudah memahami gayabelajar setiap siswa. Faktor pendukung dan penghambat bagi guru saat
mengajar di kelas adalah hal yang wajar ditemui, guru harus memiliki
kreatifitas untuk menghadapi hambatan tersebut. Hambatan yang seringdijumpai saat mengajar yakni kesiapan mental siswa, jika siswa memiliki
mood yang baik maka akan mempermudah guru dalam menyampain materi
pembelajaran. Hasil dari wawancara bersama guru dan beberapa muridserta dari hasil observasi dan dokumentasi di sekolah menunjukkan bahwaguru telah berupaya untuk menciptkan pola komunikasi yang efektif bagi
siswa sehingga mereka dapat dengan mudah memahami materi yangdisampaikan oleh guru, serta berupaya mengatasi hambatan hambatan yangterjadi saat proses pembelajaran di kelas.
ContributionContributor NameNIDN/NIDKDosen PembimbingNursyamsiyah, SitiNIDN0706027901Dosen PembimbingTamami, BadrutNIDN0722108603
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Pola komunikasi, Hambatan dalam pembelajaran |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) |
Depositing User: | NUR AFIATUL MAULIDYAH | nur.afiatul19062000@gmail.com |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 06:11 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 06:11 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |