Pola Komunikasi Guru Terhadap Peserta Didik Dalam Pembelajaran PAI Di SMP Salafiyah Syafi'iyah Ajung

Maulidyah, Nur Afiatul (2024) Pola Komunikasi Guru Terhadap Peserta Didik Dalam Pembelajaran PAI Di SMP Salafiyah Syafi'iyah Ajung. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pola komunikasi menjadi faktor penting dalam kegiatan belajar mengajar agar guru dapat dengan mudah menyampaikan materi kepadamurid dengan tepat dan peserta didik dapat menerima materi dengan jelas dan baik. Pola komunikasi guru terhadap murid dalam pembelajaranPAI bukan hanya tentang penyampaian informasi, tetapi juga pembentukankarakter, moral, dan spiritual siswa. Tujuan dari penelitian ini untukmengetahui pola komunikasi guru terhadap peserta didik dalam pembelajaran PAI di SMP Salafiyah Syafi’iyah Ajung. Penelitiaanini menggunkan metode deskriptif kualitatif, Sebuah metode yang digunakanpeneliti untuk menemukan pengetahuan atau teori terhadap penelitian padasatu waktu tertentu. Pendekatan ini didasarkan pada pemahaman bahwafenomena sosial dapat dipahami dengan lebih baik melalui pengalamandaninterpretasi pengalaman. Pengumpulan data pada pendekatan kualitatif deskriptif berupa data non-numerik seperti wawancara, observasi, dandokumentasi. Menggunakan pola komunikasi yang baik dan bahasa yangmudah dipahami sehingga peserta didik lebih mudah untuk mencernamateri. Penguasaan materi serta penyusunan bahan ajar akan sangat berpengaruh bagi keberlangsungan proses belajar mengajar guru di kelas, karena guru yang menguasai materi dapat dengan mudah memahami gayabelajar setiap siswa. Faktor pendukung dan penghambat bagi guru saat mengajar di kelas adalah hal yang wajar ditemui, guru harus memiliki kreatifitas untuk menghadapi hambatan tersebut. Hambatan yang seringdijumpai saat mengajar yakni kesiapan mental siswa, jika siswa memiliki mood yang baik maka akan mempermudah guru dalam menyampain materi pembelajaran. Hasil dari wawancara bersama guru dan beberapa muridserta dari hasil observasi dan dokumentasi di sekolah menunjukkan bahwaguru telah berupaya untuk menciptkan pola komunikasi yang efektif bagi siswa sehingga mereka dapat dengan mudah memahami materi yangdisampaikan oleh guru, serta berupaya mengatasi hambatan hambatan yangterjadi saat proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola komunikasi, Hambatan dalam pembelajaran
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: NUR AFIATUL MAULIDYAH
Date Deposited: 24 Jul 2024 06:11
Last Modified: 24 Jul 2024 06:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22271

Actions (login required)

View Item View Item