MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM SENAM LANTAI GULING LENTING MENGGUNAKAN METODE DIRECT INTRUCTION DI MTs BANIY KHOLIEL



Syuhuri, Ahmad Alfan (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM SENAM LANTAI GULING LENTING MENGGUNAKAN METODE DIRECT INTRUCTION DI MTs BANIY KHOLIEL. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (562kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR RUJUKAN.pdf] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan gerakan guling lenting pada senam lantai melalui penerapan metode Direct Instruction. Metode Direct Instruction dipilih karena pendekatannya yang terstruktur dan sistematis, memungkinkan siswa untuk memahami dan menguasai setiap langkah gerakan dengan jelas dan tepat. Dalam proses pembelajaran, siswa diberikan instruksi langsung, demonstrasi yang tepat, latihan terstruktur, serta umpan balik yang segera untuk memperbaiki teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan guling lenting senam lantai pada siklus II di atas KKM 65 oleh peneliti sebanyak 16 siswa (80 %) 11 siswa (55 %) sedangkan oleh kolaborator 17 siswa (85 %) 12 siswa (60 %). Peningkatan yang dialami antara siklus I dan II oleh peneliti sebanyak 5 siswa (50 %). Perbedaan rata-rata nilai yang di dapat peneliti dan kolaborator tidak begitu signifikan. Oleh karena itu penerapan metode Direct Instruction secara signifikan meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan gerakan guling lenting. Siswa menjadi lebih percaya diri dan mampu melakukan gerakan dengan teknik yang benar setelah mengikuti sesi latihan yang terstruktur dan mendapatkan koreksi serta saran perbaikan dari guru. Temuan ini mengindikasikan bahwa metode Direct Instruction efektif dalam pengajaran keterampilan motorik kompleks seperti senam lantai, dan dapat dijadikan alternatif metode pengajaran yang efektif dalam pendidikan jasmani.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Hardavi, Bahtiar Hari
NIDN0718038901
Dosen Pembimbing
Yono, Topo
NIDN0702038203

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Keterampilan, Direct Intruction
Subjects: 700 The Art, Entertainment and Sport > 707 Education, Research & Related Topic
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Physical and Sport Education (S1)
Depositing User: AHMAD ALFAN SYUHURI | aalfansyuhuri@gmail.com
Date Deposited: 29 Jul 2024 01:24
Last Modified: 29 Jul 2024 01:24
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/22475

Actions (login required)

View Item View Item