PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CRYPTARITHM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS



MAHARANI, YOVANA YOLANDA (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CRYPTARITHM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of H. BAB VI.pdf] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of I. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of J. LAMPIRAN.pdf] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis cryptarithm yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis dan mengetahui hasil validitas dan kepraktisan produk yang dikembangkan. Permasalahan utama dalam pembelajaran matematika adalah kurangnya variasi metode pembelajaran yang dapat merangsang kemampuan berpikir logis peserta didik. Hingga saat ini, metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran matematika di MAS Unggulan Nurul Iman masih menggunakan metode ceramah, dan terfokus pada buku paket yang dipinjamkan secara terbatas dari perpustakaan sekolah. Pengembangan bahan ajar yang berbasis permainan juga belum pernah dilakukan sehingga pembelajaran peserta didik monoton, dan dapat menimbulkan pikiran bahwa matematika membosankan. Sehingga peneliti berencana untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk LKPD matematika yang berbasis cryptarithm dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir logis peserta didik.
Jenis penelitian yaitu pengembangan dengan metode R&D. Model pengembangan ADDIE yang meliputi Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Analyze dilakukan dengan analisis kebutuhan siswa, materi, dan tugas. Design dilakukan dengan pemilihan media berupa cetak, format penulisan, dan perancangan LKPD menggunakan aplikasi Canva. Development dilakukan dengan uji kevalidan produk oleh 2 ahli yang memperoleh skor 96,38% dengan kategori sangat valid. Implementation dilakukan dengan uji coba kepada peserta. Implementation dilakukan dengan uji coba dua tahap yakni uji coba skala terbatas oleh 5 peserta didik dan skala luas oleh 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dikatakan sangat praktis digunakan oleh peserta didik sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis dengan perolehan nilai kepraktisan sebesar 87,13%. Evaluation yang dilakukan pada setiap tahap pengembangan ADDIE menhasilkan produk LKPD yang layak digunakan setelah melalui tahap revisi dan perbaikan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasiss cryptarithm untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis yang telah dikembangkan mendapat kategori Sangat Valid dan Sangat Praktis.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
RHOMDANI, ROHMAD WAHID
NIDN0729048701
Dosen Pembimbing
GALATEA, CHUSNUL KHOTIMAH
NIDN0729018802

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: LKPD, Cryptarithm, Berpikir Logis
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Yovana Yolanda Maharani | yovanayolandam18@gmail.com
Date Deposited: 31 May 2025 02:44
Last Modified: 31 May 2025 02:44
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25040

Actions (login required)

View Item View Item