PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CRYPTARITHM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS
MAHARANI, YOVANA YOLANDA (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CRYPTARITHM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
C. BAB I.pdf Download (445kB) |
![]() |
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (763kB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) | Request a copy |
![]() |
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis cryptarithm yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis dan mengetahui hasil validitas dan kepraktisan produk yang dikembangkan. Permasalahan utama dalam pembelajaran matematika adalah kurangnya variasi metode pembelajaran yang dapat merangsang kemampuan berpikir logis peserta didik. Hingga saat ini, metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran matematika di MAS Unggulan Nurul Iman masih menggunakan metode ceramah, dan terfokus pada buku paket yang dipinjamkan secara terbatas dari perpustakaan sekolah. Pengembangan bahan ajar yang berbasis permainan juga belum pernah dilakukan sehingga pembelajaran peserta didik monoton, dan dapat menimbulkan pikiran bahwa matematika membosankan. Sehingga peneliti berencana untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk LKPD matematika yang berbasis cryptarithm dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir logis peserta didik.
Jenis penelitian yaitu pengembangan dengan metode R&D. Model pengembangan ADDIE yang meliputi Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Analyze dilakukan dengan analisis kebutuhan siswa, materi, dan tugas. Design dilakukan dengan pemilihan media berupa cetak, format penulisan, dan perancangan LKPD menggunakan aplikasi Canva. Development dilakukan dengan uji kevalidan produk oleh 2 ahli yang memperoleh skor 96,38% dengan kategori sangat valid. Implementation dilakukan dengan uji coba kepada peserta. Implementation dilakukan dengan uji coba dua tahap yakni uji coba skala terbatas oleh 5 peserta didik dan skala luas oleh 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dikatakan sangat praktis digunakan oleh peserta didik sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis dengan perolehan nilai kepraktisan sebesar 87,13%. Evaluation yang dilakukan pada setiap tahap pengembangan ADDIE menhasilkan produk LKPD yang layak digunakan setelah melalui tahap revisi dan perbaikan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasiss cryptarithm untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis yang telah dikembangkan mendapat kategori Sangat Valid dan Sangat Praktis.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingRHOMDANI, ROHMAD WAHIDNIDN0729048701Dosen PembimbingGALATEA, CHUSNUL KHOTIMAHNIDN0729018802
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | LKPD, Cryptarithm, Berpikir Logis |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Yovana Yolanda Maharani | yovanayolandam18@gmail.com |
Date Deposited: | 31 May 2025 02:44 |
Last Modified: | 31 May 2025 02:44 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |